6 Ciri Elemen Kunci Profil Pelajar Pancasila

Belajar Daring - 6 Ciri Elemen Kunci Profil Pelajar Pancasila akan Admin jabarkan pada artikel kali ini.

Mengaitkan kekuatan ide Pancasila dengan pembangunan karakter bangsa menghasilkan kehendak negara dan pemerintah untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang cakap dan mumpuni menghadapi perubahan jaman.

Profil Pelajar Pancasila merupakan manifestasi kehendak tersebut dan ditanamkan dalam pendidikan dasar dan menengah di Indonesia. 

Profil Pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tujuan pendidikan nasional, pemikiran bapak pendidikan dan rujukan-rujukan kontemporer untuk mengantisipasi berbagai tantangan masa kini dan masa depan. 

Sehingga Profil Pelajar Pancasila memiliki basis argumentasi yang kuat baik secara filosofis, yuridis maupun sosiologis serta menyertakan analisa dan pembacaan situasi mutakhir yang menyangkut penerapan kebijakan programatik.

Yang terakhir ini meliputi akselerasi sintesis atas beragam konsensus universal seperti SDGs, UNESCO 21st Century Skills, PISA Global Competence hingga praktik baik pendidikan serta pandangan pakar dan praktisi pendidikan (Anindito Aditomo, 2021).

Oleh karena itu dalam Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020 - 2024 disebutkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung Visi dan Misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 

Pengertian ini merupakan manifestasi dari hakikat pendidikan yang selaras dengan fitrah manusia sebagai makhluk pembelajar. 

Sepanjang hayatnya pelajar Indonesia memiliki kemampuan untuk memaknai hidupnya yang fana untuk mencapai kedudukannya secara paripurna. 

Bahwa hakikat manusia dilihat dari bagaimana dia terus menerus belajar dan melakukan perbaikan dari pembelajarannya. 

Pengertian ini merupakan manifesto abadi. Sehingga pendidikan dasar meresponnya dengan memperkuat manifesto pendidikan ini melalui internalisasi nilai Pancasila sebagai falsafah bangsa Indonesia.

Profil Pelajar Pancasila adalah sebuah profil ideal karakter pelajar di Indonesia yang harus diwujudkan oleh semua pihak melalui 6 (enam) elemen kunci. 

Berikut Keenam ciri tersebut akan dijabarkan sebagai berikut:

1. Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia


Profil Pelajar Pancasila
6 Ciri Elemen Kunci Profil Pelajar Pancasila


Memiliki makna pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. 

Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. 

Ada 5 (lima) elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, yaitu sebagai berikut: 

  • akhlak beragama, 
  • akhlak pribadi, 
  • akhlak kepada manusia, 
  • akhlak kepada alam dan 
  • akhlak bernegara.

2. Berkebinekaan Global


Profil Pelajar Pancasila
6 Ciri Elemen Kunci Profil Pelajar Pancasila


Bermakna pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. 

Adapun elemen kunci dari berkebinekaan global meliputi sebagai berikut: 

  • mengenal dan menghargai budaya, 
  • kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan 
  • refleksi dan tanggung jawab terhadap pengamalan kebinekaan.

3. Bergotong Royong


Profil Pelajar Pancasila
6 Ciri Elemen Kunci Profil Pelajar Pancasila


Bergotong royong bermakna pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. 

Adapun elemen-elemen dari bergotong royong adalah sebagai berikut: 

  • kolaborasi, 
  • kepedulian, dan 
  • berbagi.

4. Mandiri


Profil Pelajar Pancasila
6 Ciri Elemen Kunci Profil Pelajar Pancasila


Mandiri bermakna pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. 

Adapun elemen kunci dari mandiri terdiri dari: 

  • kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.

5. Bernalar Kritis


Profil Pelajar Pancasila
6 Ciri Elemen Kunci Profil Pelajar Pancasila


Bernalar kritis bermakna pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. 

Adapun elemen-elemen dari bernalar kritis adalah sebagai berikut: 

  • memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, 
  • menganalisis dan mengevaluasi penalaran, 
  • merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan 
  • mengambil keputusan.

6. Kreatif


Profil Pelajar Pancasila
6 Ciri Elemen Kunci Profil Pelajar Pancasila


Kreatif bermakna pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. 

Adapun elemen kunci dari kreatif terdiri dari: 

  • menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.


Kemendikbud menguraikan lebih jauh rumusan Profil Pelajar Pancasila dalam lingkup kebijakan meliputi aspek pembelajaran murid, pembelajaran dan kompetensi guru, kepemimpinan pendidikan, evaluasi dan dan perbaikan sistem serta kemitraan dengan pihak luar seperti Pemda, ormas, Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). 

Secara internal dunia pendidikan juga mempersiapkan terwujudnya Profil Pelajar Pancasila melalui proses pembelajaran yang terpadu dan menyeluruh melalui akselerasi penciptaan budaya sekolah yang mendukung ekosistem pendidikan. 

Keterpaduan dan skema holistik lingkungan pendidikan terwujud dalam integrasi dimensi intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler (Anindito Aditomo, 2021).

Pada dasarnya kebijakan yang hendak diterapkan pada lokus sekolah dasar juga mendorong terapan nilai-nilai Pancasila yang abstrak menjadi lebih konkret dan terukur. 

Sehingga dialektika terapan ide-ide Pancasila mewujud dalam ruang hidup pendidikan yang secara konseptual kukuh terencana dan secara realitas menyesuaikan dengan ruang hidupnya (realistis). 

Ibarat air yang menyesuaikan dengan wadahnya, nilai-nilai Pancasila yang hendak diterapkan pada lingkup pendidikan menyesuaikan dengan alam pikir peserta didik sesuai jenjangnya.

Terima Kasih.

Selamat Belajar Daring. 

Posting Komentar untuk "6 Ciri Elemen Kunci Profil Pelajar Pancasila"