Kumpulan Soal PPKN Kelas XI Beserta Jawaban dan Pembahasannya

Kumpulan Soal PPKN


Belajar Daring - Kumpulan Soal PPKN Kelas XI Beserta Jawaban dan Pembahasannya.

Pada artikel kali ini Admin akan membagikan beberapa Kumpulan Soal PPKN Kelas XI Beserta Jawaban dan Pembahasannya.

Besar harapan Admin, semoga dapat Anda jadikan sebagai bahan rujukan atau referensi.


1. Integral berasal dari bahasa Latin yakni … yang berarti memberi tempat dalam suatu keseluruhan.

    a. Integriti

    b. Integrazion

    c. Introgation

    d. Integrate

    e. Integration

Jawab : D.

Pembahasan: Integrate, yang berarti memberi tempat dalam suatu keseluruhan. Adapun menurut Kamus Besar Indonesia (KBBI), Integrasi adalah pembauran sampai menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh.


2. Ancaman militer yang dilakukan untuk merusak instansi penting militer atau objek vital nasional dan dapat membahayakan keselamatan bangsa disebut ...

    a. Spionase

    b. Sabotase

    c. Blokade

    d. Agresi

    e. Invasi

Jawab : B

Pembahasan: Ancaman militer yang dilakukan untuk merusak instansi penting militer atau objek vital nasional dan dapat membahayakan keselamatan bangs. 

Sabotase adalah tindakan perusakan yang dilakukan secara terencana, disengaja, dan tersembunyi terhadap peralatan, personel dan aktivitas dari bidang sasaran yang ingin dihancurkan yang berada di tengah-tengah masyarakat, kehancuran harus menimbulkan efek psikologis yang besar.


3. Bangsa indonesia pernah merasakan pahitnya diinvasi atau diserang oleh Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia sebanyak dua kali, yaitu pada tanggal…

    a. 21 Juli 1947 dan 19 Desember 1948

    b. 21 Juni 1947 dan 19 Desember 1948

    c. 21 Juli 1947 dan 19 September 1948

    d. 21 januari dan 19 Desember 1948

    e. 21 Juli 1947 dan 19 Desember 1948

Jawab : E

Pembahasan: Pada tanggal 21 Juli 1947 Belanda melakukan Agresi Militer I yang dipimpin oleh Letnan Gubernur Jenderal Johannes van Mook yang bertujuan memulihkan ekonomi Belanda pasca Perang Dunia II dengan menguasai kekayaan alam dari Indonesia. 

Belanda memiliki tafsiran terhadap Perjanjian Linggarjati yang digunakan dasar melakukan serangan terhadap Indonesia. 

Setelah gagal dengan agresi militer yang pertama pada 21 Juli - 5 Agustus 1947, Belanda kembali menyerang Indonesia setahun kemudian. 

Agresi Militer Belanda II adalah serangan yang dilancarkan Belanda pada 19-20 Desember 1948. Operasi Gagak ini berawal dari serangan di Yogyakarta yang saat itu merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan Indonesia. 

Serangan pun meluas ke sejumlah kota di Jawa dan Sumatera. Tujuan Agresi Militer Belanda II adalah untuk melumpuhkan pusat pemerintahan Indonesia sehingga Belanda bisa menguasai Indonesia kembali. 

Belanda ingin merebut kekayaan alam yang ada di Indonesia untuk menumbuhkan perekonomian negaranya yang hancur setelah kalah dalam Perang Dunia II.


4. Kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat di Indonesia yang ingin memisahkan dari negara Indonesia disebut …

    a. Separatisme

    b. Spionase

    c. Sabotase

    d. Terorisme

    e. Radikalisme

Jawab : A

Pembahasan: Separatisme di Indonesia merupakan budaya penyimpangan dari orang per orang atau kelompok masyarakat tertentu, di daerah, yang ingin memisahkan diri dari NKRI. 


5. “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.” Hal ini dinyatakan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal …

    a. 27 ayat 1

    b. 27 ayat 2

    c. 27 ayat 3

    d. 30 ayat 1

    e. 30 ayat 2

Jawab : C

Pembahasan: Ketentuan Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 menerangkan bahwa setiap warga berhak dan wajib ikut serta upaya pembelaan negara. 

Jika disederhanakan, Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 menerangkan keharusan untuk melakukan upaya bela negara.


6. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, angkatan 1928 disebut dengan …

    a. Angkatan perintis

    b. Angkatan penegas

    c. Angkatan pencoba

    d. Angkatan penerus

    e. Angkatan pendobrak

Jawab : B

Pembahasan: Angkatan ini disebut angkatan penegas. Melalui angkatan 1928 ini semakin jelas dan terang benderanglah visi perjuangan pemuda Indonesia.


7. Bahwa ancaman terhadap satu daerah pada hakikatnya merupakan ancaman bagi seluruh bangsa dan negara, merupakan perwujudan wawasan nusantara sebagai satu kesatuan …

    a. Ideolog

    b. Politik

    c. Ekonomi

    d. Sosial budaya

    e. Hankam

Jawab : E

Pembahasan: Hankam adalah singkatan dari pertahanan dan keamanan. 

Dalam KBBI secara bahasa, pertahanan berarti tetap dalam kedudukannya, sedangkan keamanan berarti tentram atau tidak merasa cemas dan takut.


8. Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara disebut …

    a. Wawasan Kebangsaan 

    b. Wawasan Wiyatamandala

    c. Wawasan Nusantara

    d. Wawasan Politik Bangsa

    e. Wawasan Bhineka Tunggal Ika

Jawab : C

Pembahasan: Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia diri dan lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggara kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


9. Sikap yang kurang mendukung usaha untuk menggalang persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia harus kita hindari. Salah satu sikap yang harus dihindari yaitu …

    a. Bangga sebagai bangsa yang bertanah air Indonesia

    b. Keselamatan bangsa dan negara diletakkan di atas kepentingan pribadi atau golongan

    c. Selalu mempermasalahkan Bhinneka Tunggal Ika

    d. Cinta tanah air dan bangsa

    e. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara

Jawab : C

Pembahasan: Sikap saling tidak menghargai akan menimbulkan perpecahan dan intoleransi. 

Dengan sikap menghargai sesama, maka permasalahan mengenai intoleransi ini setidaknya dapat diminimalkan.


10. Proses penyesuain diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat merupakan arti integrasi secara …

    a. Antropologis

    b. Ekonomis 

    c. Sosiologi 

    d. Politis 

    e. Budayais 

Jawab : A

Pembahasan: Proses penyesuain diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat. 


Demikianlah beberapa Kumpulan Soal PPKN Kelas XI Beserta Jawaban dan Pembahasannya yang dapat Anda jadikan sebagai bahan latihan dan belajar, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Selamat Belajar Daring. 

Posting Komentar untuk "Kumpulan Soal PPKN Kelas XI Beserta Jawaban dan Pembahasannya"