Contoh Teks Eksposisi Lengkap Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi


Belajar Daring - Artikel untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kali ini akan membahas mengenai Contoh Teks Eksposisi Lengkap Beserta Strukturnya dan disertai dengan pengertian, jenis, dan kaidahnya.

Pernah tidak kamu memberikan pendapat saat lagi mengobrol bersama teman? Pasti nya pernah dong. 

Nah, memberikan pendapat tersebut termasuk ke dalam contoh dari teks eksposisi, loh! 

Lalu, apa sih sebenarnya pengertian teks eksposisi itu? Yuk, simak penjelasan lengkapnya, meliputi pengertian, struktur, dan contoh-contohnya agar kamu lebih paham.


Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah sebuah teks yang berisi informasi atau pengetahuan dan dimuat secara singkat, padat dan jelas serta berguna untuk memberikan informasi tersebut kepada pembaca sehingga pembaca bisa menambah wawasan dan pengetahuannya

Dalam pengertian lainnya, bahwa keks eksposisi adalah teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang ditulis secara singkat dan padat, juga disertai pendapat dari penulisnya. 

Teks eksposisi berisi penilaian, dorongan, atau ajakan-ajakan tertentu kepada pembaca.

Teks eksposisi memiliki banyak pendapat pribadi yang bertujuan untuk meyakinkan orang lain atau pembaca. 

Tentunya, pendapat ini juga disertai dengan argumentasi atau fakta yang jelas.


Struktur Teks Eksposisi 

Selain memahami pengertian dan ciri-cirinya, kamu juga perlu mengetahui struktur teks eksposisi, ya. 

Tujuannya agar teks yang kamu buat bisa tepat dan mudah dipahami oleh pembaca.

Teks eksposisi juga mempunyai struktur tersendiri yang terdiri dari tesis atau pernyataan pendapat, argumentasi dan penegasan ulang. 

Jika sebuah teks tidak mempunyai 3 (tiga) struktur tersebut maka teks tersebut tidak bisa dikatakan sebagai teks eksposisi. 

Berikut penjelasan dari masing-masing strukturnya:

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pernyataan pendapat atau biasa yang disebut tesis adalah sebuah pendapat atau informasi yang ditulis oleh penulis dan ditujukan untuk pembaca.

Pernyataan pendapat bisa juga dikategorikan sebagian pembuka teks eksposisi. 

Argumentasi

Bagian argumentasi berisi argumen-argumen yang bisa memperkuat atau mendukung pernyataan pendapat sang penulis.

Biasanya adalah bukti pendorong dari tesis dan dikategorikan sebagai isi dari sebuah teks eksposisi. 

Penegasan Ulang

Setelah argumentasi, ada yang namanya penegasan ulang. Penegasan ulang adalah sebuah paragraf penutup teks eksposisi yang kembali menjelaskan atau mempertegas pendapat sang penulis. 

Selain itu, teks eksposisi juga mempunyai sebuah unsur kebahasaan yang menjadikan teks eksposisi mempunyai ciri khas dibanding teks yang lain.


Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Berikutnya adalah sangat penting sekali untuk mengetahui kaidah kebahasaan dari teks eksposisi, agar kamu dapat membedakannya dengan teks yang lain. 

Apa saja sih kaidah kebahasan khusus yang ada pada teks ini? Berikut penjelasannya! 

  • Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Contohnya seperti penebangan liar, hutan lindung, sektor kehutanan, dan sebagainya.
  • Menggunakan kata-kata yang menunjukkan hubungan argumentasi. Contohnya, sebab, jika, karena, akibatnya, dengan demikian, oleh karena itu.
  • Bisa juga menggunakan kata-kata yang menyatakan hubungan kronologis (keterangan waktu) atau kata-kata yang menyatakan perbandingan atau pertentangan. Contohnya, pada akhirnya, namun, sebelum itu, kemudian, sebaliknya, berbeda halnya.
  • Menggunakan kata kerja mental. Contohnya, diharapkan, memperkirakan, memprihatinkan, mengagumkan, menyimpulkan, menduga, berasumsi, berpendapat.
  • Menggunakan kata-kata rujukan, seperti berdasarkan data…, merujuk pada pendapat…
  • Menggunakan kata-kata persuasif, seperti sebaiknya, diharapkan, perlu, hendaklah, harus.
  • Menggunakan kata-kata denotatif, yaitu kata yang bermakna sebenarnya. Kata itu belum mengalami perubahan atau pun penambahan makna.

Jenis-Jenis Teks Ekposisi

Berikut di bawah ini adalah jenis-jenis teks eksposisi, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut: 

Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan adalah sebuah teks eksposisi yang mengandung gagasan atau ide-ide utama yang membandingkan suatu hal dengan hal yang lainnya. 

Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan adalah sebuah teks eksposisi yang mengandung gagasan atau ide-ide utama yang mengemukakan suatu hal yang bertentangan dengan hal lainnya. 

Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi adalah sebuah teks eksposisi yang gagasan atau ide-ide utamanya disampaikan melalui penggambaran-penggambaran guna memperjelas suatu hal atau peristiwa. 

Teks Eksposisi Laporan

Teks eksposisi laporan adalah sebuah teks eksposisi yang gagasan atau ide-ide utamanya berdasarkan atas suatu penelitian terhadap sesuatu dan berguna untuk melaporkan sesuatu. 

Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses adalah teks eksposisi yang berisi suatu tahapan-tahapan melakukan sesuatu dan tersusun secara rapih.

Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi adalah teks eksposisi yang berisi suatu definisi-definisi atau pengertian tentang suatu hal. 

Teks Eksposisi Klasifikasi

Teks eksposisi klasifikasi adalah teks eksposisi yang berisi suatu hal yang dikelompokkan.

Dengan demikian, setidaknya itulah 7 (tujuh) jenis teks eksposisi yang ada. 


Contoh Teks Eksposisi Lengkap

Sekarang mari kita menuju ke pembahasan inti dari artikel Contoh Teks Eksposisi Lengkap.

Di bawah ini ada beberapa contoh teks eksposisi yang telah dirangkum dari berbaagai sumber. 

Kumpulan contoh teks eksposisi tersebut berupa teks eksposisi lingkungan, hukum, kesehatan dan lain-lain.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Sekolah

Lingkungan Sekolah 

Namun, masih banyak siswa yang kurang menjaga kebersihan sekolah. Di laci meja kelas biasanya banyak ditemukan sampah bekas makanan atau minuman. Siswa masih kurang kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Masih banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Penyebab mereka tidak menjaga kebersihan salah satunya adalah mereka malas, dan kurang kesadaran menjaga kebersihan. Padahal disetiap titik lingkungan sekolah sudah disediakan tempat sampah. Kurang kesadaran akan kebersihan dan malas itulah penyakit siswa siswi sekolah pada saat ini.

Akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah, lingkungan sekolah menjadi bau, kotor serta banyak serangga. Laci-laci meja kelas yang banyak sampah akan menjadi sarang nyamuk dan serangga. Ruang kelas yang tidak dibersihkan akan kotor dan nenimbulkan ketidaknyamanan dalam proses belajar mengajar.

Sampah yang berserakan atau tempat sampah yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yang menyengat dan penyakit-penyakit baru. Alasan lain adalah para siswa berpikiran bahwa, kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab penjaga dan perawat sekolah sehingga mereka dengan enaknya membuang sampah sembarangan. Padahal kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab seluruh warga sekolah.

Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah perlu dilakukan. Dengan cara reboisasi, membersihkan kelas dan sekolah, lingkungan sekolah akan terasa nyaman untuk ditinggali warganya.

Perlu diberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, diadakan bersih sekolah setiap bulan yaitu kerja bakti warga sekolah untuk membersihkan sekolahnya agar siswa-siswa memiliki tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap sekolahnya. 


Contoh Teks Eksposisi tentang Kebersihan Sekolah

Pentingnya Menjaga Kebersihan Sekolah

Tesis:

Salah satu faktor penting yang dapat membuat proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah berjalan nyaman adalah lingkungan sekolah yang bersih. Selain itu, kesehatan siswa juga akan tetap terjaga dengan lingkungan sekolah yang asri dan nyaman. Namun, pentingnya menjaga kebersihan sekolah belum sepenuhnya ada dalam diri semua siswa. Masih banyak yang membuang sampah sembarangan.

Rangkaian Argumen:

Rasa malas dan kurang menyadari pentingnya kebersihan lingkungan bagi kesehatan merupakan penyebab utama lingkungan sekolah masih kotor. Meskipun di setiap sudut lingkungan sudah memiliki tempat sampah, para siswa masih sering membuang sampah tidak pada tempatnya. Banyak siswa yang berpikir bahwa kebersihan sekolah adalah tanggung jawab petugas kebersihan, padahal itu adalah tanggung jawab bersama seluruh warga sekolah.

Penegasan Ulang:

Perlu kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan setiap siswa. Reboisasi dan rutin melakukan kerja bakti membersihkan kelas dan sekolah adalah cara tepat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kebersihan sekolah. Siswa akan menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawabdan peka terhadap kebersihan lingkungan di sekolahnya.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan 

Pendidikan Remaja 

Remaja adalah masa yang dialami oleh anak-anak pada saat SMP. Masa ini merupakan masa transisi dimana dimulai,mulai umur 10 hingga 21 tahun. Pada masa itu remaja juga sedang mencari identitas dirinya.

Pada masa ini remaja harus mendapatkan pendidikan karakter agar menjadi generasi yang jujur, kreatif, peduli, santun, dan percara diri.

Pada masa remaja merupakan masa sulit karena butuh pengendalian diri yang lebih daripada saat masa anak-anak. Dalam masa ini remaja butuh orang dewasa untuk mengarahkan ke perilaku positif agar tidak terpengaruh ke perbuatan negative.

Jika pengendaliannya baik maka remaja bisa menjadi anak yang membanggakan orang tuanya. Pendidikan Karakter ini dapat membentuk remaja menjadi berprestasi.

Di dalam pendidikan karakter mereka juga diajarkan nilai religius yang dapat menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh sebagai manusia yang peka pada lingkungan sosial.

Di samping itu mereka juga diajarkan nilai toleransi dan cinta damai atau nilai-nilai kemanusiaan agar membentuk remaja yang mempunyai sifat pengasih. Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat membuntuk remaja yang unggul. Mereka juga dapat bersaing dengan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dengan begitu, remaja yang memiliki karakter kuat. Nilai positif dalam pendidikan karakter juga dapat membuat kegiatan remaja terarah dan akan mempunyai budi pekerti yang baik.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan 

Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit yang paling berbahaya di dunia ini. Bahkan penyakit-penyakit ini menjadi pembunuh nomor satu dan dua di Indonesia. Penyakit ini menyerang siapapun tidak mengenal jenis kelamin dan usia penderitannya. Bahkan penyakit storke pernah ditemukan pada seorang anak kecil.

Sedangkan penyakit jantung, diidentifikasikan pernah menyerang seorang bayi yang baru lahir.  Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke pada manusia, diantaranya adalah kebiasaan buruk seperti makan-makanan sembarangan, merokok dan minum-minuman keras.

Penyakit ini menyerang tiba-tiba, kapanpun dan dimanapun. Untuk itulah mengetahui cara-cara pencegahan penyakit ini merupakan suatu tindakan yang bijaksana untuk menghindari mereka.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Yang pertama adalah ketahui apakah Anda beresiko terkena penyakit ini.

Dengan mengetahui hal ini, kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Orang yang sangat beresiko sangat rentan terserang penyakit ini, namun tidak menutup kemungkinan bagi orang-orang yang sehat.

Hindari kebiasaan-kebiasan buruk seperti merokok, makanan berkolestrol dan minuman alkohol. Makanan-makanan tersebut akan memacu organ jantung untuk bekerja di luar batas normalnya sehingga akan sangat rentan rusak.

Selain itu, makanan berkolestrol yang tinggi dapat menumpuk di pembuluh darah sehingga menyumbat pembuluh darah coroner, yaitu pembuluh darah yang memberikan makanan kepada jantung.  Menjaga tekanan darah agar selalu normal. Hal ini sangat penting untuk dilakukan terutama bagi orang-orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah yang ada di kepala sehingga menggangu sistem saraf yang akan mengakibatkan stroke.

Oleh karena itu, pantaulah selalu tekanan darah, hindari stress berlebih dan istirahat yang cukup. Selain memantau tekanan darah, jagalah kadar kolestrol di dalam tubuh. Lemak adalah sumber utama yang menyebabakan serangan jantung.

Ada 2 jenis lemak yang ada di dalam tubuh, yaitu: LDL dan HDL. LDL adalah lemak yang jahat di dalam tubuh, sedangkan HDL merupakan lemak yang baik. Untuk mengatur kadar lemak dan menghilangkan HDL di dalam tubuh sebaiknya pilihlah makanan yang tidak mengandung kolesterol.

Yang terakhir adalah lakukan olahraga dengan teratur. Olahraga yang teratur bisa membuat tubuh kita sehat dan bugar sehingga akan memberikan kekebalan bagi tubuh dari penyakit-penyakit. Namun harus diimbangi juga dengan kebiasaan dan makanan yang baik.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan 

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Tesis:

Sistem pendidikan Indonesia dewasa ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia. Dimana, kurikulum 2006 yang sejak lama dipakai diganti dengan kurikulum 2013. Walaupun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum ini, namun tetap berjalan sebagimana mestinya.

Argumentasi:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan menjelaskan bahwa, kurikulum 2013 diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah berstandar Internasional, yang biasa disingkat dengan RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional). Syarat keterjangkauan distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah pelaksana kurikulum 2013.

Kemendikbud juga menerangkan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah atau scientific approach. Selain itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara pembelajaran dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia selaku pengelola alam sekitar. Khususnya mengacu pada pembelajaran yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.

Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beranggapan, bahwa Kurikulum 2013 lebih menonjolkan praktik daripada hafalan. Sebab selama ini, peserta didik banyak dibebani hafalan, yang justru dirasa kurang meningkatkan kreativitas. Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin menghasilkan anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, dan afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap peserta didik dibentuk agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Meutia Hatta, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden mengungkapkan bahwa kurikulum 2013 ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya.

Selain itu kurikulum 2013 juga menitikberatkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga generasi mendatang tetap mempunyai jati diri bangsa Indonesia dan berkualitas.

Penegasan Ulang:

Namun, ternyata banyak juga masyarakat yang menolak berlakunya kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dianggap sangat mendadak dan di paksakan. Bahkan, ada yang beranggapan kurikulum ini kurang fokus karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda.

Meskipun, mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, tetapi tingkat pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki peserta didik akan semakin berkurang karena mata pelajaran tersebut tidak dipelajari secara utuh, namun secara terpisah-pisah sehingga akan membuat peserta didik menjadi bingung.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi 

Anomali Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Tesis:

Di tengah kondisi perekonomian global yang dilanda krisis, catatan pertumbuhan ekonomi Indonesia memperlihatkan hasil positif. Pada triwulan kedua tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, ekonomi Indonesia tumbuh sekitar 6,4 persen. Pertumbuhan ini tetap masih terpust di Pulau Jawa dengan pertumbuhan sebesar 57,5 persen.

Jika diakumulasikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I tahun 2012 lebih baik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang tumbuh sekitar 6,3 persen.

Argumentasi:

Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia dianggap mengalami anomali. Hal ini diungkapkan oleh Salamuddin Daeng, pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice. Beliau beralasan, pertumbuhan ekonomi ini tidak diikuti dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut daeng menjelaskan, sekurang-kurangnya ada empat faktor yang membuat ekonomi Indonesia mengalami anomali. Pertama, perekonomian Indonesia banyak digerakkan oleh utang asing yang nilainya terus naik. “Utang Indonesia mencapai Rp. 2.865 triliun. Utang asing pemerintah meningkat setiap tahunnya. Utang ini menjadi sumber penghasilan utama pemerintah dan menjadi pendorong tumbuhnya ekonomi Indonesia,” papar Daeng.

Kedua, peningkatan konsumsi masyarakat disinyalir ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Konsumsi masyarakat yang meningkat bersumber dari harga sandang dan pangan yang mengalami kenaikan, serta ditopang oleh pertumbuhan kredit terutama kredit konsumsi.

Ketiga, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didorong oleh ekspor bahan mentah, misalnya hasil perkebunan, hutan, migas dan bahan tambang, sehingga kurang menciptakan nilai tambah dan lapangan pekerjaan.

Faktor terakhir, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didorong oleh investasi asing yang membuat sumber daya alam Indonesia makin dikuasai asing.

Sementara itu, A Tony Prasetiantono, Pengamat Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, berpendapat, pertumbuhan ekonomi Indonesia didukung oleh sektor domestik. Menurut beliau, efek krisis global melalui defisit neraca perdangan dan penurunan ekspor baru akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Beliau menganggap kontribusi ekspor terhadap PDB tidak besar.

Senada dengan itu, ekonom Mirza Adityaswara menyampaikan, bahwa sejumlah sector ekonomi dalam negeri tumbuh karena didukung oleh suku bunga rendah. Hal ini tampak dari pertumbuhan kredit yang mencapai 26-28 persen sekaligus didorong oleh harga BBM yang rendah karena masih disubsidi oleh pemerintah.

Lebih lanjut diungkap Mirza, sektor yang berorientasi dalam negeri mengalami pertumbuhan tinggi, seperti otomotif, manufaktur, transportasi, komunikasi, dan perdagangan.

Akibatnya, pertumbuhan sektor yang berorientasi dalam negeri mengakibatkan kecenderungan defisit neraca perdagangan yang semakin besar.

Penegasan Ulang:

Menurut Tony, belanja pemerintah yang lebih besar dan cepat juga sangat membantu pertumbuhan.

Seiring hal itu, tingkat inflasi yang berada di bawah 5 persen cukup membantu, meskipun hal tersebut ada efeknya, yaitu nilai subsidi energi yang terus membengkak yang sebetulnya cenderung tidak sehat.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik 

Hindari Caleg Pelaku Korupsi 

Tesis:

Partai politik yang akan mengikuti pemilihan umum, harusnya memiliki standar dalam merekrut calon anggota legislatif yang tegas dan ketat. Kriteria calon wakil rakyat itu mesti jelas dan bisa menjadi filter untuk mencegah calon wakil rakyat bermasalah masuk.

Misalnya, caleg yang pernah tersangkut masalah korupsi atau pelanggaran HAM, tidak diterima sebagai bakal caleg. Hal ini penting guna memastikan calon anggota dewan itu benar-benar bukan orang bermasalah, tetapi pribadi-pribadi yang punya integritas. Tentu saja masing-masing partai politik mempunyai mekanisme tersendiri dalam hal fit and proper test.

Kriterianya mungkin tidak sama bagi semua parpol. Namun paling tidak, ada prinsip umum yang mesti digunakan semua partai politik dalam menseleksi calegnya.

Argumentasi:

Ini penting apalagi banyak bukti dari hasil survei bahwa parlemen, baik tingkat pusat maupun daerah, dianggap lembaga terkorup. Hal ini diungkapkan oleh Jojo Rohi, Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), terkait dengan kriteria dalam memilih calon wakil rakyat oleh setiap parpol yang akan merebut suara rakyat dalam setiap pemilu.

Penegasan Ulang:

Penetapan standar caleg sangat diperlukan karena partai mesti membuat kriteria yang tegas dan jelas terkait siapa saja orang yang layak diusung menjadi calon wakil rakyat partainya.

Antikorupsi menjadi hal prinsip yang harus dicantumkan dalam kriteria menjaring caleg. Konsekuensinya, caleg yang punya rekam jejak pernah tersangkut kasus korupsi tidak boleh dimajukan sebagai caleg.

Selain antikorupsi, yang jug penting dipertimbangkan adalah moralitas dari bakal caleg. Bila bakal caleg terbukti pernah punya selingkuhan atau berpoligami, semestinya tidak dapat dimajukan sebagai caleg.

Sementara itu, pelanggar HAM, adalah satu bagian dari agenda reformasi yang sampai saat ini belum tuntas. Caleg yang pernah menjadi pelanggar HAM dalam bentuk apa pun seharusnya tidak dicalonkan sebagai bakal caleg karena fungsi wakil rakyat salah satunya adalah melakukan advokasi terhadap pelanggaran-pelanggaran HAM melalui legislasi. Ironis bila pelanggar HAM mengadvokasi pelanggaran HAM. 


Contoh Teks Eksposisi tentang Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Tanaman Lidah Buaya

Tesis:

Sejak dahulu, nenek moyang kita telah mengenal manfaat tanaman lidah buaya. Rupanya, manfaat tanaman ini sangat beragam, tidak terbatas hanya untuk menyuburkan rambut saja, dengan memanfaatkan gel pada daunnya. Bagian-bagian lidah buaya yang lain juga dapat diolah dan bermanfaat bagi tubuh kita.

Rangkaian Argumen:

Para peneliti mengungkapkan banyak manfaat yang terdapat pada tanaman lidah buaya, di antaranya sebagai berikut:

  • Lidah buaya dapat digunakan untuk proses penyembuhan luka, baik untuk luka karena terbakar maupun cedera.
  • Lidah buaya memiliki asam lemak yang dapat digunakan sebagai anti-inflamasi untuk memperlambat peradangan. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya secara berkala ke bagian tubuh yang terluka.
  • Lidah buaya dapat meningkatkan pencernaan, mengatasi masalah sembelit, dan membantu detoksifikasi.

Penegasan Ulang:

Sudah sangat jelas bahwa lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk menyuburkan rambut, tetapi juga makanan alami yang menyehatkan. Hal ini pula yang mengingatkan kita bahwa alam telah menyediakan segala sesuatunya untuk kita.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan 

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Tesis:

Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. Setiap sekolah selalu mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar mereka peduli kebersihan. Cara untuk menjaga kebersihan sekolah, di antaranya membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.

Argumentasi:

Pembagian piket kelas menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas. Seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis.

Selain itu, setiap hari jumat selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan "Jum'at Bersih. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.

Penegasan Ulang:

Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar.

Kebersihan lingkungan sekolah akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan sekolah tetap sehat terawat secara berkesinambungan.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Bencana Alam 

Bencana Banjir Musiman di Jakarta 

Kasus bencana banjir yang sering melanda ibu kota merupakan masalah pelik yang masih menjadi momok menakutkan bagi pemerintah provinsi DKI. Banjir sudah seperti bencana musiman di Jakarta, mengapa tidak? banjir yang sering melanda dapat melumpuhkan aktivitas kota sehingga produktivitas kerja menurun.

Hal ini mencakup berbagai hal di bidang kehidupan. Jika saja semua warga Jakarta ikut serta menjaga lingkungan, maka dampaknya tidak akan separah ini. Hal pertama yang harus dilakukan oleh setiap anggota masyarakat adalah membuang sampah pada tempatnya.

Tidak hanya itu, setiap anggota masyarakat juga berkewajiban menjaga lingkungan sekitar dari kerusakan-kerusakan yang dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir. Langkah selanjutnya adalah membersihkan selokan dan saluran air dari kotoran-kotoran yang menyumbat jalannya air, terutama sampah plastik.

Sampah plastik merupakan salah satu penyebab utama penyumbatan saluran air sehingga dapat menyebabkan banjir, khususnya di jalanan. Jakarta sebagai Ibu Kota negara harus bebas dari bencana banjir. Karena sebagai pusat pemerintahan sudah seharusnya, Jakarta menjadi tempat yang nyaman untuk melakukan aktivitas kenegaraan.

Cobalah kita lihat wilayah DKI secara geografis, DKI Jakarta merupakan suatu kota yang dilalui oleh 13 Sungai dan 40% wilayahnya merupakan dataran rendah yang sebagian besar elevasinya dibawah permukaan laut. Penurunan muka tanah (land subsidence) terjadi karena pemanfaatan air tanah yang tidak terkontrol dan bertambahnya pemukiman dan bangunan tinggi untuk mengakomodasi pertambahan jumlah penduduk akibat urbaninasi.

Nah, Oleh karena itu setiap anggota masyarakat khususnya yang berdomisili di wilayah DKI wajib menjaga lingkungan dari kerusakan yang dapat menimbulkan bencana, khususnya bencana banjir yang kerap melanda ibu kota.

Semua kalangan hendaknya menggalakkan upaya mencegah dari pada mengobati. Jadi setiap anggota masyarakat juga berkewajiban menjaga lingkungan sekitar dari kerusakan-kerusakan yang dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir.


Contoh Teks Eksposisi tentang Bencana Tanah Longsor

Penyebab Terjadinya Tanah Longsor

Tesis:

Tanah longsor merupakan proses terjadinya perpindahan material yang berupa tanah, bahan rombakan, dan batuan. Proses tersebut bergerak ke bawah maupun ke luar lereng. Tanah longsor termasuk salah satu bencana alam yang berdampak buruk bagi kehidupan sekitarnya.

Rangkaian Argumentasi:

Tanah longsor terjadi oleh faktor alam dan manusia. Perubahan musim dari kemarau ke hujan menjadi salah satu faktor alam penyebab tanah longsor. Saat musim kemarau tiba, tanah menjadi kering karena proses penguapan. Hal ini menyebabkan keluarnya pori-pori tanah. Lalu, saat hujan turun, air mulai masuk ke dalam retakan hingga terjadilah longsor.

Terdapat pula faktor non alam karena perbuatan manusia. Misalnya, adanya beban tambahan di bagian lereng dan beban kendaraan yang membuat gaya dorong semakin besar. Tanah longsor sering kita jumpai di daerah yang gundul karena fungsi penyerapan air mengalami kerusakan.

Penegasan Ulang:

Bencana tanah longsor merugikan makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Faktor alam seperti pergantian musim dan faktor manusia seperti membuang sampah sembarangan, beban tambahan tanah akibat kendaraan dan bangunan merupakan penyebab terjadinya longsor. Oleh karena itu, perlu dilakukan mitigasi terjadinya bencana longsor, seperti mengurangi faktor dari ulah manusianya.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Kemiskinan 

Faktor Meningkatnya Kemiskinan di Indonesia

Kemiskinan menjadi masalah yang tidak pernah habis untuk di bahas. Bagaimana tidak? Dari jumlah kemiskinan di Indonesia, pulau jawa menyumbang paling banyak daerah yang masyarakatnya masih hidup dalam garis kemiskinan.

Jawa Timur merupakan provinsi pertama yang menyumbang angka kemiskinan terbanyak di Indonesia.  Sekitar 4.775.000 orang miskin berada di Jatim. Rinciannya, lebih 3,2 juta  berada di perdesaan dan 1,5 juta tersebar di kota-kota besar. Batas penghasilan bulanan untuk sebuah keluarga miskin di Jawa Timur berkisar di angka Rp. 318.000.

Jawa Tengah di urutan kedua, dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 4.505.780. Batas pendapatan untuk kategori miskin di provinsi ini berkisar Rp 310.000  per bulan.

Ketiga adalah Provinsi Jawa Barat yang mencatat 4,48 juta penduduk miskin tahun 2016 dan didominasi penduduk perkotaan dengan jumlah  mencapai 2,7 juta penduduk. Untuk dikategorikan miskin, seseorang harus berpenghasilan maksimal Rp. 319.000 ribu per bulan. Terdapat tiga faktor utama penyebab kemiskinan yaitu, pengangguran, SDM yang rendah, dan bencana alam.

Pengangguran menjadi penyebab umum terjadi kemiskinan. Jika pengangguran semakin banyak maka angka kemiskinan akan semakin meningkat. pengangguran cenderung berdampak negatif dalam kehidupan bermasyarakat. Jika jumlah pengangguran semakin tidak terkendali, maka akan berdampak pada angka pencurian, perampokan dan tindak kriminal lainnya.

Tidak hanya itu, para peminta-minta juga akan membludak. Jika hal semacam ini dibiarkan saja, maka akan berpotensi mengganggu kehidupan sosial. Penyebab kemiskinan yang kedua adalah SDM yang rendah. Hal ini terbukti dari banyaknya anak-anak yang tidak mau melanjutkan sekolah dengan alasan biaya. Akibatnya tingkat pendidikan masyarakat rendah. Hal itu akan berpengaruh terhadap tidak adanya keterampilan, ilmu pengetahuan, dan wawasan yang dapat membawa kepada taraf hidup yang lebih baik.

Jika tingkat pendidikan masyarakat diperbaiki, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan akan terbuka lebar sehingga dapat memperbaiki ekonomi keluarga. Kemudian penyebab umum ketiga adalah bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gunung meletus, dan tsunami menyebabkan gagalnya panen para petani, sehingga tidak ada bahan makanan untuk dikonsumsi dan dijual kepada penadah atau koperasi.

Kesulitan bahan makanan dan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidak dapat terpenuhi. Dari berbagai keterangan tersebut terdapat tiga faktor utama yang menyebabkan angka kemiskinan semakin meningkat, yaitu pengangguran, tingkat SDM rendah, dan bencana alam. Ketiga faktor tersebut sebenarnya dapat di atasi jika semua kalangan bergerak dan berpartisipasi dalam memberantas kemiskinan.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum 

Fakta Hukum di Indonesia

Tesis:

Semestinya hukum di Indonesia sebagaimana yang telah diatur pada Undang-undang sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan. Akan tetapi, faktanya kerapkali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak orang.

Hukum bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan koruptor, itulah terjadi saat ini.

Argumentasi:

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatannya masih terbilang ringan, bahkan ada koruptor yang mendapatkan tunjangan fasilitas mewah padahal sudah dianggap merugikan negara.

Seringkali kita melihat berita bahwa seorang maling, pencopet dan penjambret dihajar masa hingga tewas. Namun, belum pernah kita mengetahui koruptor di Indonesia dikeroyok masa sampai tewas.

Penegasan Ulang:

Hukum di Indonesia itu bisa dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena diduga mencuri kayu, ia terancam dengan hukuman selama lima tahun penjara.

Sungguh ironis dan tidak adil memang, apabila dibandingkan dengan hukuman yang akan diterima oleh koruptor. Seperti yang sudah dikatakan di awal artikel bahwa 10 contoh teks eksposisi diatas ada yang lengkap dengan strukturnya dan ada yang tidak. 


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian, tujuan, ciri-ciri, kebahasaan, struktur, hingga contoh teks eksposisi dalam berbagai tema. 

Teks eksposisi juga bisa kamu temui di kehidupan sehari-hari, loh.

Kamu bisa berlatih untuk mencari struktur teks eksposisi yang tidak ada dari beberapa contoh di atas dan contoh-contoh teks eksposisi di atas bersumber dari internet.

Jadi, jangan heran jika kamu menemukan contoh yang serupa. Kamu bisa memanfaatkan beberapa contoh teks eksposisi lengkap di atas untuk belajar agar lebih memahami lagi tentang teks eksposisi.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa Contoh Teks Eksposisi Lengkap Beserta Strukturnya, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Selamat Belajar Daring.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Eksposisi Lengkap Beserta Strukturnya"