Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Mobilitas Sosial


Belajar Daring - Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli. Pada artikel kali ini Admin akan menjelaskan mengenai Mobilitas Sosial dari sisi pengertian atau definisinya menurut para ahli.

Mobilitas Sosial atau juga bisa disebut sebagai gerak sosial merupakan suatu proses atau tahapan perpindahan posisi atau kedudukan seseorang atau sekelompok orang dari tingkatan yang satu ketingkatan lainnya.

Berikut di bawah ini adalah pengertian Mobilitas Sosial menurut para ahli:


Ransford dalam Sunarto (2004:87) menyatakan, dalam sosiologi mobilitas sosial berarti perpindahan status dalam stratifikasi sosial; “Social mobility refers to the movement of individuals or groups--up or dowm--within a social hierarchy”


Komblum (1988: 172) menyatakan mobilitas sosial adalah perpindahan individu, keluarga atau kelompok sosial dari lapisan ke lapisan sosial lainnya. 

Dalam perpindahan yang dilakukan dapat mempengaruhi status sosial yang dimiliki yaitu bisa naik atau turun, atau bahkan tetap pada tingkat yang sama tetapi dalam pekerjaan yang berbeda.


Paul B. HortonMobilitas Sosial adalah suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya atau gerak pindah dari strata yang satu ke strata yang lainnya.


Kimball Young & Raymond W. MackMobilitas Sosial adalah suatu gerak dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.

Struktur sosial mencakup sifat hubungan antar individu dalam kelompok dan hubungan antara individu dan kelompoknya.


Anthony GiddensMobilitas Sosial menunjuk pada gerakan dari orang perorang dan kelompok-kelompok di antara kedudukan-kedudukan sosial ekonomi yang berbeda.


Horton & HuntMobilitas Sosial merupakan tindakan berpindah dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.


Senada dengan itu Paul B. Horton dan Chester L. Hunt (dalam Bagong Suyatno, 2004: 202) menyatakan mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya atau gerak pindah dari strata yang satu ke strata yang lainnya baik itu berupa peningkatan atau penurunan dalam segi status sosial dan (biasanya) termasuk pula segi penghasilan, yang dapat dialami oleh beberapa individu atau oleh keseluruhan anggota kelompok.


Sedangkan mobilitas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai gerakan berpindah-pindah atau kesiapsiagaan untuk bergerak. 

Sedangkan secara etimologis mobilitas berasal dari bahasa latin yaitu ‘mobilis’ yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. 

Terdapatnya kata sosial pada istilah mobilitas sosial adalah untuk menekankan bahwa istilah tersebut mengandung makna yang melibatkan seseorang atau sekelompok warga dalam kelompok sosial.


Berdasarkan penjelasan dari pengertian atau definisi mobilitas sosial di atas, sederhananya mobilitas sosial dapat diartikan sebagai perpindahan/ gerak sosial yang dilakukan seseorang atau sekelompok masyarakat dari satu strata (kelas sosial) ke strata lain biasanya dengan tujuan memperbaiki kualitas hidup.


Mobilitas yang dilakukan oleh seseorang akan menempatkan seseorang tersebut pada suatu kelas sosial (stratifikasi sosial) yang berbeda dari sebelumnya.

Pada stratifikasi sosial terdapat pengkategorian kelas-kelas yang disebut dengan class sistem yang menempatkan mereka masuk pada kelas yang sesuai dengan kondisi yang mereka miliki. 

Menurut Gitter dalam Susanto (1992: 65) stratifikasi sosial merupakan hasil kebiasaan hubungan antar manusia secara teratur dan tersusun di mana setiap orang pada setiap saatnya mempunyai situasi yang menentukan hubungannya dengan orang lain baik secara vertikal mau pun horizontal dalam masyarakatnya. 

Stratifikasi terjadi dari semakin luasnya masyarakat yang ditandai dengan adanya pembagian kerja.


Nah, untuk lebih memperdalam pemahaman kamu mengenai Mobilitas Sosial, marilah kita simak kisah singkat berikut ini:


Budi Si Penjual Koran Yang Sukses

Budi adalah seorang anak yang terlahir dari kalangan tidak mampu, ia terlahir dari pasangan seorang petani miskin yang serba kekurangan.

Orang tua Budi hanya mampu menyekolahkannya sampai tingkat SMP saja. Walaupun begitu, Budi tetap berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

Demi mengubah dan memperbaiki kondisi dan status sosialnya sebagai orang yang tidak mampu, pada tahun 1990 Budi memutuskan untuk merantau ke kota.

Sesampainya di kota, Budi dan teman-temannya berjualan koran di jalanan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan sekolah. 

Walaupun hanya berjualan koran, namun ternyata Budi masih bisa melanjutkan sekolahnya bahkan sampai keperguruan tinggi.

Berbulan-bulan Budi menimba ilmu di perguruan tinggi ternyata memberikannya wawasan dan pengetahuan yang luas mengenai dunia bisnis. 

Hingga akhirnya Budi menghentikan pekerjaannya sebagai penjual koran dan mulai membangun usaha baru yaitu berjualan buku di toko barunya.

Kini usaha toko buku Budi telah berkembang dan banyak diminati orang, bahkan kini Budi telah memiliki 4 cabang toko buku yang telah mempekerjakan lebih dari 200 orang.

Status sosial Budi sebagai seorang yang miskin dan serba kekurangan kini telah berubah menjadi pengusaha terpandang dikotanya.

Keberhasilan Budi ini tidak lepas dari usaha, kerja keras, dan kegigihannya yang luas biasa. Hingga mengantarkannya menjadi seorang yang sukses.


Dari kutipan singkat kisah Budi di atas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Mobilitas Sosial adalah suatu perpindahan status sosial atau kedudukan sosial dari satu tingkatan ketingkatan lainnya.

Bisa dilihat dari kisah di atas bahwa Budi telah mengalami mobilitas sosial dimana dulunya ia hanyalah orang yang tidak mampu namun lihatlah sekarang ia adalah seorang pengusaha sukses.

Perpindahan status dari orang miskin menjadi orang kaya inilah yang disebut Mobilitas Sosial, begitu pula perpindahan status dari orang kaya menjadi orang miskin.


Dari penjelasan di atas beserta contohnya, apakah kamu sudah memahami dan mengerti dari pengertian atau definisi Mobiltas Sosial?

Demikian penjelasn dari definisi atau pengertian Mobilitas Sosial menurut para Ahli yang dapat Admin bagikan dalam artikel ini, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Selamat Belajar Daring.

Posting Komentar untuk "Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli"