Penggunaan Tabel Dan Grafik Dalam Berbagai Bidang

Penggunaan Tabel Dan Grafik


Belajar Daring - Penggunaan Tabel Dan Grafik Dalam Berbagai Bidang adalah judul artikel kali ini yang akan Admin informasikan sebagai bahan referensi Anda pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Tabel dan grafik digunakan dalam berbagai bidang keilmuan untuk visualisasi data yang akan Anda tampilkan ketika akan menyampaikan materi. 

Sebagai contohnya, Anda dapat menemukan contoh tabel pada berikut ini:

  • Tabel sistem periodik dalam ilmu kimia, 
  • Tabel chi kuadrat dalam bidang statistik, 
  • Tabel kepadatan penduduk dalam bidang geografi, 
  • Tabel indeks massa tubuh dalam bidang Kesehatan, dan lain-lainnya. 

Begitu pula dengan grafik, grafik digunakan pula dalam berbagai bidan sebagai bahan materi yang divisualisasikan agar mudah dimengerti dan difahami.

Penggunaan tabel dan grafik digunakan untuk menyajikan informasi secara visual yang dapat mempermudah pembaca untuk memahami informasi.

Keberadaan tabel dan grafik yang digunakan untuk menyajikan informasi, harus disertai pula dengan kemampuan untuk memahamiinformasi dari tabel dan grafik tersebut. 

Visualisasi tabel dan grafik tidak akan bermanfaat jika tidak memiliki kemampuan untuk memahami informasi di dalamnya. 

Penyajian data menggunakan grafik atau diagram merupakan pengembangan dari penyajian data menggunakan tabel. 

Penyajian data menggunakan grafik haruslah mudah dimengerti oleh pembaca, sebab terkadang pemberian informasi kepada umum hanya disajikan dalam benttuk grafik tanpa adanya tabel sebagai informasi yang mendukung. 

Penyajian dalam bentuk grafik adalah suatu penyajian data secara visual yang lebih mudah untuk difahami oleh audiens. 

Untuk memahami dan menginterpretasikan data selain dengan menghitung nilai ststiatika deskriptif kadang-kadang lebih mudah dan cepat memahami data tersebut jika disajikan dalam bentuk diagram.

Fungsi grafik yakni membantu untuk menampilkan data sehingga pembaca mudah untuk memahaminya. 

Selain dalam bentuk grafik, biasanya data disajikan dalam bentuk tabel, namun data yang disajikan dalam bentuk tabel dianggap kurang menarik. 

Apalagi, hampir semua organisasi dari pemerintah dan swasta menggunakan grafik untuk menyajikan data guna mempromosikan kegiatan promosi dan laporan pertanggungjawaban perusahaan atau organisasi. 

Anda akan melihat berbagai bentuk infografik yang nyaris tidak menampilkan tabel karena dianggap kurang informatif dan menarik.

Terlebih, kemampuan membaca tabel dan grafik yang dapat diasah dalam ilmu Bahasa. 

Kemampuan tersebut harus disikapi dengan positif karena kemampuan ini membantu kita dalam memahami berbagai informasi dibindang kehidupan kita sehari-hari.

Agar proses menarasikan informasi dari tabel dan grafik dapat tersusun dengan baik, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan :

  • Pahamilah isi tabel dan grafik dengan seksama. Kegiatan memahami ini dapat Anda dapat memahami judul, kolom, lajur, sumber keterangan, dan data-data lainnya yang ditampilkan dalam tabel dan grafik.
  • Catatlah pokok-pokok isi tabel dan grafik secara rinci.
  • Buatlah simpulan pada tabel dan grafik tersebut.
  • Rangkaikanlah pokok-pokok isi tabel dan kalimat-kalimat simpulan menjadi paragraph yang padu.

Demikianlah informasi singkat yang dapat Admin sampaikan mengenai Penggunaan Tabel Dan Grafik Dalam Berbagai Bidang, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Selamat Belajar Daring.

Posting Komentar untuk "Penggunaan Tabel Dan Grafik Dalam Berbagai Bidang"