Mari Mengenal Sejarah Tentang Vaksin

Sejarah Vaksin


Belajar Daring - Mari Mengenal Sejarah Tentang Vaksin merupakan tema kali ini yang akan Admin bagikan informasinya kepada Anda semua sebagai pengunjung blog ini.

Artikel mengenai Mari Mengenal Sejarah Tentang Vaksin ini kan menjelaskan dan menginformasikan perjalanan sejarah vaksin mulai dari awal ditemukannya sampai saat ini.

Selama berabad-abad, umat manusia telah mencari cara untuk melindungi satu sama lain dari penyakit yang mematikan. 

Di mulai dari eksperimen dan pengambilan peluang hingga peluncuran vaksin secara global di tengah pandemi yang belum pernah terjadi sebelumnya, imunisasi atau vaksinasi telah memiliki sejarah yang panjang.

Penelitian vaksin dapat menimbulkan pertanyaan etika yang menantang, dan beberapa eksperimen yang dilakukan untuk pengembangan vaksin di masa lalu tidak dapat diterima secara etis saat ini. 

Akhirnya, vaksin telah menyelamatkan lebih banyak nyawa umat manusia dibandingkan penemuan medis lainnya dalam sejarah. 

Definisi Vaksin

Vaksin berasal dari bahasa latin vacca (sapi) dan vaccinia (cacar sapi). 

Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit sehingga dapat mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi oleh organisme alami atau liar. 

Vaksin adalah yang terefektif untuk melawan dan memusnahkan penyakit infeksi. 

Kadang-kadang, perlindungan gagal, karena sistem kekebalan yang diberi vaksin tidak memberikan tanggapan yang diinginkan atau malah tidak ada sama sekali.

Vaksin dapat berupa virus atau bakteri yang telah dilemahkan sehingga tidak menimbulkan penyakit. 

Vaksin dapat juga berupa organisme mati atau hasil dari pemumiannya (protein, peptida, partikel serupa virus, dan sebagainya.). 

Vaksin akan mempersiapkan sistem kekebalan manusia atau hewan untuk bertahan terhadap serangan patogen, terutama bakteri, virus, atau toksin. 

Vaksin juga bisa membantu sistem kekebalan untuk melawan sel-sel degeneratif (kanker).

Pemberian vaksin diberikan untuk merangsang sistem imunologi tubuh untuk membentuk antibodi spesifik sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin.

Namun, apa pun jenisnya tujuannya sama, yaitu menstimulasi reaksi kekebalan tanpa menimbulkan penyakit.

Sejarah Vaksin

Para ilmuwan yang membuat penemuan luar biasa dalam bidang vaksinasi dan imunisasi. 

Pada artikel Mari Mengenal Sejarah Tentang Vaksin ini juga akan membahas tentang peristiwa berkesan yang terjadi selama percobaan dan penelitian mereka, baik yang pro maupun kontra dengan penemuan mereka.

900 SM: Variolasi Ditemukan

Orang Cina merupakan orang yang pertama kali menemukan bentuk vaksinasi yang disebut variolasi

Metode vaksinasi ini digunakan untuk mencegah penyakit cacar yaitu dengan mengekspos orang sehat untuk jaringan dari scabs yang disebabkan oleh virus.

Mereka melakukan hal ini dengan menghapus nanah dan cairan dari lesi cacar dan menyuntikkan bagian bawah kulit orang yang akan dilindungi, atau mengupas scabs dari lesi yang telah kering kemudian menggilingnya menjadi bubuk, dan membiarkan orang yang tidak terinfeksi untuk menghirupnya.

Metode lain adalah mengambil sejumlah kecil bubuk keropeng dengan jarum kemudian menyuntikkan langsung ke dalam pembuluh darah seseorang.

1400an hingga 1700an

Setidaknya sejak abad ke-15, orang-orang di berbagai belahan dunia telah berupaya mencegah penyakit dengan secara sengaja membuat orang sehat terkena cacar – sebuah praktik yang dikenal sebagai variolasi (dari nama cacar, 'la variole'). 

Beberapa sumber menyatakan praktik ini sudah terjadi sejak tahun 200 SM.

Pada tahun 1721, Lady Mary Wortley Montagu membawa inokulasi cacar ke Eropa, dengan meminta agar kedua putrinya diinokulasi untuk melawan cacar seperti yang dia lihat di praktiknya di Turki.

Pada tahun 1774, Benjamin Jesty membuat terobosan, dia menguji hipotesisnya bahwa infeksi cacar sapi – virus sapi yang dapat menyebar ke manusia – dapat melindungi seseorang dari penyakit cacar.

1796: Jenner Menemukan Vaksinasi

Pada bulan Mei 1796, dokter Inggris Edward Jenner memperluas penemuan ini dan menyuntik James Phipps yang berusia 8 tahun dengan bahan yang dikumpulkan dari luka cacar sapi di tangan seorang pemerah susu. 

Meskipun menderita reaksi lokal dan merasa tidak enak badan selama beberapa hari, Phipps pulih sepenuhnya.

Dua bulan kemudian, pada bulan Juli 1796, Jenner menginokulasi Phipps dengan bahan dari penyakit cacar manusia untuk menguji ketahanan Phipps. 

Phipps tetap dalam kondisi kesehatan yang sempurna, dan menjadi manusia pertama yang menerima vaksinasi cacar. 

Istilah 'vaksin' kemudian diciptakan, diambil dari kata Latin untuk sapi, vacca.

Edward Jenner tertarik pada milkmaids yang tidak kedapatan mengidap penyakit cacar bahkan ketika terkena berulang kali untuk menginfeksi sapi selama pemerahan.

Gejala cacar yaitu ditandai oleh adanya lesi yang berubah menjadi lepuh kecil yang berisi cairan bening, yang kemudian berubah menjadi nanah, dan koreng setelah satu minggu kemudian.

Dengan adanya hipotesis ini, ia melakukan percobaan dengan menginfeksikan seorang anak muda dengan cacar sapi. 

Setelah anak tersebut telah sembuh dari cacar sapi, Jenner sengaja menularkan anak tersebut dengan penyakit cacar. 

Kemudian dari percobaan tersebut Jenner mengambil kesimpulan bahwa anak tersebut sakit bukan disebabkan oleh cacar.

Beberapa tahun kemudian, ribuan orang melindungi diri mereka dari cacar yaitu dengan sengaja menginfeksikan diri dengan cacar sapi.

Tahun 1800-an

Pada tahun 1872, meskipun menderita stroke dan kematian 2 putrinya karena tipus, Louis Pasteur menciptakan vaksin pertama yang diproduksi di laboratorium: vaksin kolera unggas pada ayam.

1880s: 1880: Vaksin Rabies Ditemukan

Pada tahun 1880 Louis Pasteur mulai meningkatkan program vaksinasi dan mengembangkan vaksin anti rabies. 

Dengan percobaan awal, Vaksin ini diberikan kepada anak berumur 9 (sembilan) tahun yang bernama Joseph Meister, yang telah diserang oleh anjing gila. 

Pasteur bukanlah seorang dokter medis. Namun, terlepas dari risikonya, ia memulai 13 suntikan dengan pasien Joseph Meister, masing-masing mengandung virus rabies dalam dosis yang lebih kuat. Meister bertahan dan kemudian menjadi penjaga makam Pasteur di Paris.

Anak tersebut selamat dan tidak terkena rabies. Maka dari itu, percobaan telah dibuat dan vaksin rabies dapat digunakan secara global.

Namun, dua tahun sebelum percobaan itu dilakukan, Pasteur telah mengembangkan vaksin kolera ayam yaitu dengan menggunakan kelinci sebagai hewan uji cobanya.

1890: Penemuan Difteri Tetanus dan Vaksin

Pada tahun 1890 Dua orang Ilmuwan yang berasal dari Jerman, yaitu Emil von Behring dan Kitasato telah menemukan antitoksin Shibasaburo untuk difteri dan tetanus. 

Temuan tersebut kemudiandiimunisasikan untuk tikus, marmut dan kelinci dimana hewan-hewan tersebut sangat lemahterhadap bakteri. 

Para antitoxins dihasilkan oleh hewan-hewan tersebut, kemudian disuntikkan ke hewan yang belum diimunisasi yang sebelumnya terinfeksi oleh bakteri yang mematikan.

Hewan-hewan yang sakit dapat disembuhkan melalui pemberian serum. Racun dari bakteri beracun menjadi tidak berbahaya dengan serum hewan yang telah diimunisasi dengan bentuk lemah dari infeksi bakteri.

Tahun 1894

Pada tahun 1894, Dr Anna Wessels Williams mengisolasi strain bakteri difteri yang penting dalam pengembangan antitoksin untuk penyakit ini.

Tahun 1900-an

Dari tahun 1918 hingga 1919, pandemi Flu Spanyol membunuh sekitar 20–50 juta orang di seluruh dunia, termasuk 1 dari 67 tentara Amerika Serikat, sehingga vaksin influenza menjadi prioritas militer AS. 

Eksperimen awal dengan vaksin influenza telah dilakukan: Sekolah Kedokteran Angkatan Darat AS menguji 2 juta dosis pada tahun 1918, namun hasilnya tidak meyakinkan.

1920: Vaksin Telah Tersedia di Seluruh Dunia

Pada tahun 1920, telah tersediavaksin untuk beberapa penyakit diantaranya difteri, tetanus, batuk rejan, TBC dan penyakit mematikan lainnya yang telah tersedia di seluruh dunia.

Vaksinasi telah menyebar ke seluruh dunia, maka dari itu dengan adanyavaksin tersebut dapat mengurangi jumlah kematian.

Tahun 1937

Pada tahun 1937 Max Theiler, Hugh Smith dan Eugen Haagen mengembangkan vaksin 17D untuk melawan demam kuning. 

Vaksin ini disetujui pada tahun 1938 dan lebih dari satu juta orang telah menerimanya pada tahun tersebut. Theiler kemudian dianugerahi Hadiah Nobel.

Tahun 1939

Pada tahun 1939, ahli bakteriologi Pearl Kendrick dan Grace Eldering mendemonstrasikan kemanjuran vaksin pertusis (batuk rejan). 

Para ilmuwan menunjukkan bahwa vaksinasi mengurangi tingkat penyakit pada anak-anak dari 15,1 per 100 anak menjadi 2,3 per 100 anak.

Tahun 1945

Pada tahun 1945, vaksin influenza pertama disetujui untuk penggunaan militer, diikuti pada tahun 1946 dengan persetujuan untuk penggunaan sipil. 

Penelitian ini dipimpin oleh dokter Thomas Francis Jr dan Jonas Salk, yang keduanya memiliki hubungan dekat dengan vaksin polio.

1955: Vaksinasi Polio

Polio merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem saraf manusia dan dapat menyebabkan kelumpuhan.

Dari tahun 1952–1955, vaksin polio pertama yang efektif dikembangkan oleh Jonas Salk dan uji coba dimulai. 

Salk menguji vaksin tersebut pada dirinya dan keluarganya pada tahun berikutnya, dan uji coba massal yang melibatkan lebih dari 1,3 juta anak dilakukan pada tahun 1954.

John Salk, seorang ilmuwan yang pertama kali berhasil menguji vaksin polio, yaitu dengan membunuh beberapa virus yang mematikan dan kemudian menyuntikkan virus yang telah jinak ke dalam aliran darah manusia.

Salk melakukan percobaan pertama kalinya pada seseorang yang pernah mengidap penyakit polio, kepada dirinya sendiri dan keluarganya. 

Pada tahun 1953, ia kemudian mengumumkan hasil penemuannya pada jaringan radio nasional.

Vaksin tersebut sangat efektif dan aman untuk digunakan dan menyebabkan kasus polio pun menuurun. Setelah beberapa tahun kemudian, vaksin polio oral telah diciptakan.

Tahun 1960

Pada tahun 1960, vaksin polio jenis kedua, yang dikembangkan oleh Albert Sabin, disetujui untuk digunakan. 

Vaksin Sabin adalah vaksin hidup yang dilemahkan (menggunakan virus dalam bentuk yang dilemahkan) dan dapat diberikan secara oral, dalam bentuk tetes atau pada gula batu. 

Vaksin polio oral (OPV) pertama kali diuji dan diproduksi di Uni Soviet dan Eropa Timur. 

Cekoslowakia menjadi negara pertama di dunia yang berhasil memberantas polio.

Tahun 1967

Pada tahun 1967, Organisasi Kesehatan Dunia mengumumkan Program Pemberantasan Cacar Intensif, yang bertujuan untuk memberantas penyakit cacar di lebih dari 30 negara melalui pengawasan dan vaksinasi. 

Pemberantasan berarti lebih dari sekedar pemusnahan suatu penyakit di satu wilayah – WHO mendefinisikannya sebagai “pengurangan permanen suatu patogen tertentu hingga nol, sebagai hasil dari upaya yang disengaja, tanpa ada lagi risiko masuknya kembali”.

Cacar sebagian besar telah dibasmi di Eropa Barat, Amerika Utara dan Jepang saat ini. 

Setelah pengumuman tersebut, terdapat solidaritas global yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Meskipun Perang Dingin sedang berlangsung, Amerika Serikat dan Uni Soviet bersatu mendukung program ini.

Tahun 1969

Pada tahun 1969, 4 (empat) tahun setelah Dr Baruch Blumberg menemukan virus hepatitis B, ia bekerja dengan ahli mikrobiologi Irving Millman untuk mengembangkan vaksin hepatitis B pertama, menggunakan bentuk virus yang diberi perlakuan panas.

Vaksin tidak aktif yang diturunkan dari plasma disetujui untuk penggunaan komersial dari tahun 1981 hingga 1990, dan vaksin rekayasa genetika (atau rekombinan DNA), yang dikembangkan pada tahun 1986, masih digunakan sampai sekarang.

1971: Kombinasi Vaksin Dikembangkan

Pada tahun 1971, vaksin campak (1963) digabungkan dengan vaksin yang baru dikembangkan untuk melawan penyakit gondok (1967) dan rubella (1969) menjadi satu vaksinasi tunggal (MMR) oleh Dr Maurice Hilleman.

Sebuah vaksin berupa suntikan tunggal yang mengandung campuran tiga virus hidup yang mematikan yang telah dilemahkan kemudian dikembangkan dan disebut MMR yang kemudian dirancang untuk mencegah seseorang dari ketiga penyakit mematikan yang dikenal sebagai campak, gondok dan rubella.

Tahun 1974

Pada tahun 1974 Program Perluasan Imunisasi (EPI, sekarang Program Esensial Imunisasi) didirikan oleh WHO untuk mengembangkan program imunisasi di seluruh dunia. 

Penyakit pertama yang menjadi sasaran EPI adalah difteri, campak, polio, tetanus, tuberkulosis, dan batuk rejan.

Tahun 1978

Pada tahun 1978, vaksin polisakarida yang melindungi terhadap 14 jenis pneumonia pneumokokus yang berbeda dilisensikan. 

Dan pada tahun 1983 vaksin ini diperluas untuk melindungi terhadap 23 jenis pneumonia.

1980: Cacar Dibasmi

Majelis Kesehatan Dunia yang ke-33 telah mengumumkan bahwa cacar telah dibasmi secara menyeluruh keseluruh dunia.

Majelis Kesehatan Dunia, berdasarkan rekomendasi dari Komisi Global WHO untuk Sertifikasi Pemberantasan Cacar, menyatakan bahwa penyakit cacar telah diberantas: “Dunia dan seluruh masyarakatnya telah terbebas dari penyakit cacar, yang merupakan penyakit paling mematikan yang menyebar dalam bentuk epidemi di banyak negara sejak awal, menyebabkan kematian, kebutaan, dan cacat tubuh”. 

Ini merupakan salah satu prestasi yang sangat luar biasa dalam sejarah dunia kedokteran di mana manusia telah dikalahkan oleh penyakit.

Tahun 1970an hingga 1980an

Dari tahun 1970an hingga 1980an di AS, kasus batuk rejan mencapai titik terendah sepanjang masa pada tahun 1976. 

Namun keberhasilan vaksin pertusis terhambat oleh penurunan penggunaan: dengan sedikitnya kasus batuk rejan, kekhawatiran akan efek samping yang jarang namun serius dari vaksin tersebut. 

Vaksin sel utuh mulai mengalahkan ketakutan terhadap penyakit itu sendiri.

Tahun 1985

Pada tahun 1985 vaksin pertama terhadap penyakit yang disebabkan oleh Haemophilus influenzae tipe b (Hib) dilisensikan, setelah David H Smith mendirikan perusahaan untuk memproduksinya. 

Smith dan Porter W Anderson Jr telah bekerja sama dalam vaksinasi sejak tahun 1968.

Tahun 1988

Pada tahun 1988 setelah pemberantasan penyakit cacar, WHO mengarahkan perhatiannya pada poliomielitis dengan meluncurkan Inisiatif Pemberantasan Polio Global. 

Pada akhir tahun 1980an, polio menjadi endemik di 125 negara, dan inisiatif ini bertujuan untuk mencapai pemberantasannya pada tahun 2000.

Tahun 1994

Pada tahun 1994, polio diberantas di Amerika, diikuti oleh Eropa pada tahun 2002, dan pada tahun 2003 penyakit ini hanya menjadi endemik di 6 negara. Upaya ini terus berlanjut.

Tahun 1995

Pada tahun 1995 Anne Szarewski memimpin tim yang menguraikan peran human papillomavirus (HPV) dalam deteksi dan skrining kanker serviks, dan para peneliti mulai mengerjakan vaksin HPV.

Virus HPV sangat umum, seringkali dengan gejala yang minimal, namun jenis HPV yang berisiko tinggi dapat menyebabkan kondisi medis lain, khususnya kanker serviks. 

Szarewski kemudian menjadi peneliti utama dalam pengembangan vaksin HPV bivalen.

Tahun 1999

Pada tahun 1999, vaksin pertama untuk melawan rotavirus, penyebab paling umum penyakit diare parah pada anak kecil, ditarik kembali hanya setahun setelah disetujui, karena kekhawatiran akan risiko masalah usus. 

Versi vaksin dengan risiko lebih rendah diperkenalkan pada tahun 2006. 

Diperlukan waktu hingga tahun 2019 agar vaksin ini dapat digunakan di lebih dari 100 negara.

Tahun 2000an

Tahun 2006

Pada tahun 2006 vaksin pertama untuk Human Papillomavirus (HPV) disetujui. 

Vaksinasi HPV terus menjadi bagian penting dalam upaya menghilangkan kanker serviks.

2008: Vaksin Kanker Serviks Dikembangkan

Seorang ilmuwan, yang bernama Ian Frazer, untuk pertama kalinya melakukan percobaan, merancang vaksin untuk mencegah kanker.

Ia menemukan bahwa kelompok virus yang disebut human papilloma virus (HPV) yang menyebabkan kanker serviks dapat dicegah melalui vaksin HPV.

Tahun 2016

Pada tahun 2016, keberhasilan Proyek Vaksin Meningitis menyoroti peran penting kemitraan pemerintah-swasta dalam membantu mengembangkan vaksin. 

Dalam 5 tahun pertama penggunaannya, vaksin ini hampir menghilangkan penyakit meningokokus serogrup A di negara-negara sabuk meningitis di Afrika, dan kini vaksin ini diintegrasikan ke dalam program imunisasi rutin nasional.

Majelis Kesehatan Dunia menyambut baik Cetak Biru Penelitian dan Pengembangan, sebuah strategi global dan rencana kesiapsiagaan yang memungkinkan aktivasi cepat kegiatan penelitian dan pengembangan selama epidemi. 

Tujuannya adalah untuk mempercepat ketersediaan tes, vaksin, dan obat-obatan yang efektif yang dapat digunakan untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah krisis berskala besar.

Setelah percepatan vaksinasi selama bertahun-tahun, wilayah Amerika dinyatakan bebas dari penyakit campak endemik. 

Wabah di beberapa negara, yang disebabkan oleh kesenjangan dalam cakupan vaksinasi, menyebabkan penyakit ini mulai muncul kembali pada tahun 2018. 

WHO dan PAHO meningkatkan pengawasan dan meluncurkan kampanye vaksinasi.

Tahun 2019

Pada tahun 2019, implementasi percontohan vaksin malaria diluncurkan di Ghana, Malawi, dan Kenya. 

Vaksin RTS/S adalah vaksin pertama yang secara signifikan dapat mengurangi jenis malaria yang paling mematikan dan paling umum terjadi pada anak-anak, kelompok yang paling berisiko meninggal akibat penyakit tersebut.

WHO melakukan prakualifikasi vaksin Ebola untuk digunakan di negara-negara berisiko tinggi, sebagai bagian dari serangkaian alat yang lebih luas dalam menanggapi penyakit ini.

Tahun 2020

Pada tanggal 30 Januari 2020 Direktur Jenderal WHO menyatakan wabah virus corona baru 2019 (SARS-CoV-2) sebagai Darurat Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional. 

Pada 11 Maret, WHO mengonfirmasi bahwa COVID-19 adalah pandemi.

Vaksin COVID-19 yang efektif dikembangkan, diproduksi, dan didistribusikan dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, beberapa di antaranya menggunakan teknologi mRNA baru. 

Pada bulan Desember 2020, hanya 1 tahun setelah kasus pertama COVID-19 terdeteksi, dosis vaksin COVID-19 pertama diberikan.

Tahun 2021

Pada tahun 2021, persediaan vaksin global disiapkan untuk memastikan respons terhadap wabah.

Vaksin cacar generasi ketiga disetujui untuk pencegahan cacar monyet , sehingga menjadi vaksin cacar monyet pertama.

Tahun 2021

Pada tahun 2021, peluncuran vaksin COVID-19 terus berlanjut, dengan dosis yang dikirimkan dan diberikan ke seluruh benua. 

Namun upaya untuk mengekang pandemi ini terancam oleh kesenjangan dalam cakupan vaksinasi. 

Pada bulan Juli 2021, hampir 85% vaksin telah diberikan di negara-negara berpenghasilan tinggi dan menengah ke atas, dan lebih dari 75% telah diberikan hanya di 10 negara saja.

WHO menyerukan kepada negara-negara anggotanya untuk memprioritaskan vaksinasi terhadap petugas kesehatan dan kelompok berisiko di negara-negara berpenghasilan rendah, untuk menghentikan penyakit parah dan kematian, menjaga keamanan petugas kesehatan dan membuka kembali masyarakat dan perekonomian.

Penutup

Selama lebih dari 2 abad, manusia telah menerima vaksinasi terhadap penyakit mematikan, sejak vaksin cacar pertama kali ditemukan di dunia. 

Sejarah telah mengajarkan kita bahwa respons global yang penuh dan efektif terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin memerlukan waktu, dukungan finansial, dan kolaborasi – serta memerlukan kewaspadaan yang berkelanjutan.

Dari praktik terobosan pada tahun 1500an hingga teknologi baru yang digunakan dalam vaksin COVID-19, kita telah mengalami banyak kemajuan. 

Vaksin kini membantu melindungi terhadap lebih dari 20 penyakit, mulai dari pneumonia hingga kanker serviks dan Ebola; dan hanya dalam 30 tahun terakhir, kematian anak telah menurun lebih dari 50%, sebagian besar berkat vaksin. 

Namun masih banyak yang harus dilakukan.

Di banyak belahan dunia, 1 dari 5 anak masih belum mendapatkan vaksinasi. 

Beberapa dekade mendatang memerlukan kerja sama, pendanaan, komitmen dan visi global untuk memastikan bahwa tidak ada anak atau orang dewasa yang menderita atau meninggal karena penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin.

Demikianlah informasi secara lengkap mengenai tema artikel Mari Mengenal Sejarah Tentang Vaksin yang dapat Admin bagikan kepada Anda semua, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Selamat Belajar Daring.


#dari berbagai sumber.

Posting Komentar untuk "Mari Mengenal Sejarah Tentang Vaksin"