Nilai Budaya Dan Norma Sosial

Budaya dan Sosial


Belajar Daring - Nilai Budaya Dan Norma Sosial merupakan tema kali ini yang akan Admin bagikan kepada Anda.

Tema Nilai Budaya Dan Norma Sosial adalah salah satu materi dari Mata Pelajaran Antropologi.

Artikel dengan tema Nilai Budaya Dan Norma Sosial ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu bahan rujukan atau acuan dan juga sebagai bahan referensi dalam belajar.

Pengertian Nilai

Nilai merupakan suatu hal yang dianggap baik atau buruk bagi kehidupan. 

Nilai merupakan sesuatu yang abstrak, namun hal tersebut menjadi pedoman bagi kehidupan masyarakat. 

Contohnya, orang menganggap menolong bernilai baik dan dan mencuri bernilai buruk. 

Pengertian nilai menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah taksiran, sifat-sifat penting yang dianggap penting atau yang berguna bagi kemanusian yang dapat mendorong manusia mencapai tujuannya.

Adapun pengertian nilai menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

  • Kimball Young
    • Nilai adalah asumsi yang abstrak dan sering tidak disadari tentang apa yang dianggap penting dalam masyarakat.
  • A.W. Green
    • Nilai adalah kesadaranyang secara relative berlangsung disertai emosi terhadap objek.
  • Woods
    • Nilai merupakan petunjuk umum yang telah berlangsung lma serta mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.
  • M.Z. Lawang
    • Nilai adalah gambaran mengenai apa yang diinginkan, yang pantas, berharga, dan dapat memengaruhi perilaku sosial dari orang yang bernilai tersebut.
  • Hendropuspito
    • Nilai adalah segala sesuatu yang dihargai masyarakat karena mempunyai daya guna fungsional bagi pekembangan kehidupan manusia.
  • Theodorson dalam Pelly (1994)
    • Nilai merupakan suatu yang abstrak, yang dijadikan pedoman serta prinsip-prinsip umum dalam bertindak dan bertingkah laku. Keterikatan orang atau kelompok terhadap nilai menurut Theoderson relatf sangat kuat dan bahkan bersifat emosional. 
    • Oleh sebab itu, nilai dapat dilihat sebagai tujuan kehidupan manusia itu sendiri.
  • Clyde Kluckhohin
    • Nilai merupakan sebuah konsepsi, eksplisit atau implisit, menjadi ciri khusus seseorang atau sekelompok orang, mengenai hal-hal yang diinginkan yang memengaruhi pemilihan dari berbagai cara-cara, alat-alat, tujuan-tujuan perbuatan yang tersedia.

Sistem nilai budaya ini merupakan rangkaian dari konsep-konsep abstrak yang hidup dalam masyarakat, menegnai apa yang dianggap penting dan berharga, tetapi juga mengenai apa yang dianggap reemh dan tidak berharga dalam hidup. 

Sistem nilai budaya ini menjadi pedoman dan pedorong perilaku manusia dalam hidup yang memanifestasi konkretnya terlihat dalam tata bahasa kelakuan. 

Dari sistem nilai budaya termasuk norma dan sikap yang dalam bentuk abstrak tercermin dalam cara berpikir dan dalam bentuk konkret terlihat dalam bentuk pola perilaku anggota-anggota suatu masyarakat.

Klickhohn mengemukakan kerangka teori nilai-nilai yang mencakup pilihan nilai yang dominan yang mungkin dipakai oleh anggota-anggota suatu masyarakat dalam  memecahkan 6 (enam) masalah pokok kehidupan.

Ada beberapa pengertian tentang nilai yang lainnya, yaitu sebagai berikut :

  • Nilai adalah sesuatu yang berharga, keyakinan yang dipegang sedemikian rupa oleh seseorang sesuai dengan tuntunan hati nuraninya.
  • Nilai adalah seperangkat keyakinan dan sikap-sikap pribadi seseorang tentang kebenaran, keindahan, dan penghargaan dari suatu pemikiran, objek atau perilaku yang berorientasi pada Tindakan dan pemberian arah serta makna pada kehidupan seseorang.(Simon, 1973).
  • Nilai adalah keyakinan seseorang tentang sesuatu yang berharga, kebenaran atau keinginan mengenai ide-ide, objek, atau perilaku khusu. (Znowski, 1974).

Suatu nilai apabila sudah membudaya didalam diri seseorang, maka nilai itu akan dijadikan sebagai pedoman atau petunjuk di dalam bertingkahlaku. 

Hal ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya budaya gotong royong, budaya malas, dan lain-lain. 

Jadi, secara universal, nilai itu merupakan pendorong bagi seseorang dalam mencapai tujuan tertentu.

Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai budaya adalah suatu bentuk konsepsi umum yang dijadikan pedoman dan petunjuk di dalam bertingkah laku baik secara individual, kelompok atau masyarakat secara keseluruhan tentang baik buruk, benar salah, patut atau tidak patut.

Pengertian Budaya

Nilai-nilai budaya merupakan nilai-nilai yang disepakati tertanam pada suatu masyarakat, yang mengakar pada suatu kebiasaan, kepercayaan, simbol-simbol, dengan karakteristik tertentu yang dapat dibedakan satu dan lainnya sebagai acuan perilaku dan tanggapan atas apa yang akan terjadi atau yang sedang terjadi. 

Sedangkan yang dimaksud dengan nilai budaya itu sendiri sudah dirumuskan oleh beberapa ahli seperti berikut di bawah ini:

  • Koentjaraningrat
    • Nilai budaya terdiri dari konsepsi yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar warga masyarakat mengenai hal-hal yang mereka anggap amat mulia. 
    • Oleh karena itu, nilai budaya yang dimiliki seseorang memengaruhinya dalam menentukan alternatif, cara-cara, alat-alat, dan tujuan-tujuan pembuatan yang tersedia.
  • Sumaatmadja dalam Marpaung
    • Sementara itu Sumaatdja mengatakan bahwa pada perkembangan, pengembangan, penerapan budaya dalam kehidupan, berkembang pula nilai-nilai yang melekat di masyarakat yang mengatur keserasian, keselarasan, serta keseimbangan.

Suatu nilai apabila sudah membudaya di dalam diri seseorang, maka nilai itu akan dijadikan sebagai pedoman atau petunjuk di dalam bertingkah laku. 

Hal ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari.

Dapat disimpulkan bahwa nilai budaya adalah suatu bentuk konsepsi umum yang dijadikan pedoman dan petunjuk di dalam bertingkah laku baik secara individual, kelompok atau masyarakat secara keseluruhan tentang baik buruk, benar salah, patut atau tidak patut.

Pengertian Norma Sosial

Norma merupakan ukuran yang digunakan oleh masyarakat apakah tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang merupakan tindakan yang wajar dan dapat diterima karena sesuai dengan harapan sebagian besar warga masyarakat ataukah merupakan tindakan yang menyimpang karena tidak sesuai dengan harapan sebagian besar warga masyarakat.

Menurut Robert M.Z. Lawang, norma adalah patokan perilaku dalam suatu kelompok tertentu. Norma disebut pula peraturan sosial menyangkut perilaku yang pantas dilakukan dalam menjalani interaksi sosialnya. 

Norma bertujuan untuk menciptakan keteraturan sosial, yaitu suatu kondisi dalam masyarakat yang menunjukkan adanya kehidupan selaras dan harmonis. 

Sedangkan norma sosial adalah kebiasaan umum yang menjadi pedoman perilaku dalam suatu kelompok masyarakat dan Batasan wilayah tertentu.

Demikianlah penjelasan singkat di atas mengenai Nilai Budaya Dan Norma Sosial yang telah Admin bagikan kepada Anda, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Selamat Belajar Daring.

Posting Komentar untuk "Nilai Budaya Dan Norma Sosial"