Dampak Negatif Media Sosial Bagi Anak dan Remaja

Dampak Negatif Media Sosial


Belajar Daring - Dampak Negatif Media Sosial Bagi Anak dan Remaja adalah judul atau tema dari artikel ini.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan informasi tentang Dampak Negatif Media Sosial Bagi Anak dan Remaja untuk Anda semua.

Untuk itu, silahkan Anda simak ya paparan dari Dampak Negatif Media Sosial Bagi Anak dan Remaja di bawah ini.

Media sosial adalah media yang berupa situs dan aplikasi yang melibatkan teknologi berbasis internet. 

Media berbasis teknologi internet ini mendorong dan memungkinkan penggunannya saling terhubung dengan siapa saja, baik orang-orang terdekat hingga orang asing yang tidak pernah dikenal sebelumnya. 

Media sosial sangat populer dan lekat dengan bagaimana cara anak-anak dan remaja menghabiskan waktu mereka berinternet karena media sosial memberikan kesempatan lain kepada mereka untuk berkomunikasi dengan teman dan anggota keluarga.

Mungkin masalah terbesar dengan media sosial dapat disimpulkan dengan menggunakan singkatan yang dikenal anak dan remaja sebagai "TMI", Too Much Information atau "terlalu banyak informasi." 

Anak-anak dan remaja yang mengisi waktu luangnya dengan mengakses media sosial secara tidak sadar mengungkapkan terlalu banyak informasi tentang kehidupan pribadi mereka. 

Hal itu dapat menyebabkan masalah-seperti kerentanan terhadap cyberbul-lies.

Hal ini disebabkan karena media sosial menambah volume dan frekuensi konten, terutama pada ranah yang jauh lebih personal dan mudah dilihat oleh siapa saja.

Kondisi ini diper-buruk ketika anak dan remaja memanfaatkan media sosial untuk mengisi waktu luang mereka, yang akhirnya menyebabkan adiksi.


Adiksi merupakan suatu kondisi ketergantungan fisik dan mental terhadap hal-hal tertentu yang menimbulkan perubahan perilaku bagi orang yang mengalaminya.


TMI ini mendorong potensi perilaku yang lain, yang disebut FOMO, Fear of Missing Out atau “takut ketinggalan berita terkini”. 

FOMO ini mendorong anak dan remaja untuk terus mencari dan berbagi informasi dari internet melalui media sosial. 

Pada tahap inilah anak dan remaja amat rentan terhadap risiko predator online, pornografi, kekerasan, perundungan maya, invasi privasi, dan pencurian identitas.

Dampak negatif media sosial yang lain adalah menciptakan jarak antara anak dan keluarga. 

Anak dan remaja menggunakan istilah: strategi dekat tetapi jauh, dan jauh tetapi dekat. 

Hal ini dapat digambarkan bagaimana anak dan remaja terlihat ada disekitar orang tua dan keluarga, namun secara intens menggunakan sosial media.

Sebaliknya, mereka justru memiliki relasi yang lebih dekat dengan teman-teman atau orang-orang di media sosial ketika ada dilingkungan privat/ keluarga.

Dampak negative sosial media yang lain adalah pada kesehatan anak dan remaja.

Hal ini terutama disebabkan oleh penggunaan media sosial yang berlebihan.

Dalam studi yang telah dilakukan, telah menemukan kasus berkurangnya penglihatan anak secara signifikan karena konsumsi media sosial yang berlebihan.

Demikianlah penjelasan di atas mengenai Dampak Negatif Media Sosial Bagi Anak dan Remaja yang telah Admin bagikan kepada Anda, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Selamat Belajar Daring.

Posting Komentar untuk "Dampak Negatif Media Sosial Bagi Anak dan Remaja"