DEFINISI MEDIA SOSIAL

Media Sosial


Belajar Daring - Definisi Media Sosial merupakan judul atau tema dari tulisan kali ini.

Pada kesempatan ini Admin akan membagikan informasi mengenai Definisi Media Sosial untuk Anda semuanya sebagai pengunjung blog ini.

Berikut penjelasan dari Definisi Media Sosial:

Media sosial adalah media yang berupa situs dan aplikasi yang melibatkan teknologi berbasis internet. 

Media berbasis teknologi internet ini mendorong dan memungkinkan penggunannya saling terhubung dengan siapa saja, baik orang-orang terdekat hingga orang asing yang tidak pernah dikenal sebelumnya.  

Para peserta FGD mengartikan media sosial sebagai media yang  memberikan fasilitas layanan jaringan online yang dapat menghubungkan orang-orang secara individu atau kelompok (Obar, J.A and Wildman, S., 2015).


FGD adalah tehnik pengumpulan data yang umum digunakan dalam banyak kajian (Focus Group Discussion, selanjutnya disebut FGD).

FGD adalah pegumpulan data dengan kelebihan efisiensi waktu yang baik dan mampu menggali dengan detail ragam data yang diungkapkan oleh peserta yang berasal dari latar belakang pendidikan, sosial ekonomi maupun profesi yang berbeda (Smithson, 2000, Liamputtong, 2011).


Dari hasil kegiatan FGD, peserta FGD menyampaikan bahwa  media sosial biasanya digunakan  sebagai media untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan keluarga, teman dan orang lain yang memiliki ketertarikan yang sama, hal tersebut seperti yang dikemukakan oleh boyd dan Ellison (2007) bahwa sebagian besar situs media sosial dapat membantu orang-orang untuk dapat berkomunikasi, mengenal dan dapat terhubung dengan orang lain berdasarkan ketertarikan yang sama. 

Pengguna dapat melakukan komunikasi satu sama lain pada media sosial melalui fitur  yang tersedia, termasuk chatting, mengirimkan pesan pribadi, berkomentar pada kolom yang tersedia, dan dapat berbagi foto-foto dan video ( Zúñiga, 2012). 

Informasi yang biasanya dibagikan pada media sosial tidak hanya informasi yang bersifat umum seperti berita dan hiburan, tetapi juga informasi yang bersifat pribadi seperti foto, video, dan identitas diri.  

Pada tahap tersebut, media sosial dapat membuat informasi pribadi yang dibagikan memasuki ranah publik yang dapat diakses oleh orang lain (Miller et.al, 2016).

Bagi para peserta FGD, media sosial tidak hanya merupakan media yang memiliki fungsi untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. 

Peserta FGD juga mengartikan media sosial sebagai media yang dapat digunakan untuk menyalurkan hobi, sebagai sarana hiburan seperti bermain game online atau hanya sekedar melihat-lihat foto dan video. 

Selain itu, media sosial sebagai tempat kegiatan komersil berlangsung seperti melakukan promosi untuk menjual produk tertentu (Miller et.al, 2016).

Berdasarkan data dari survey yang dilakukan oleh We Are Sosical Singapore pada tahun 2017, jumlah penduduk Indonesia yang menggunakan media sosial adalah 106 juta jiwa dari total 262 juta jiwa populasi, yang 92 juta jiwa di antaranya mengakses media sosial dari perangkat mobile.  

Sementara, data dari survey yang sama menunjukkan bahwa dalam aktivitas tertinggi yang dilakukan oleh pengguna internet Indonesia dalam kurun waktu satu minggu adalah mengunjungi media sosial dengan rincian 62% menggunakan telepon pintar, 16% menggunakan computer (desktop) dan 6% menggunakan tab.

Pada tahun 2016, pengguna media sosial Facebook Indonesia menduduki peringkat 2 dunia setelah Bangkok, yaitu sebanyak 11658700 jiwa. 

Sementara, pengguna Twitter di Indonesia menduduki peringkat ke lima dunia setelah Amerika, Brazil, Jepang dan Inggris. 

Namun data statistik yang sama menunjukkan bahwa Twit dari penduduk Jakarta adalah 2.4% dari total populasi twit seluruh dunia, menjadikan penduduk Jakarta sebagai pengirim twit terbanyak di dunia (10.6 milyar).


Pilihan media sosial terbanyak di Indonesia, yaitu Facebook, Instagram dan Twitter. 


Selain itu statistik yang sama menyebutkan alasan utama orang Indonesia bermedia sosial adalah untuk bersosialisasi. 

Tiga aktivitas utama yang dilakukan oleh orang Indonesia ketika menggunaan media sosial adalah memperbaharui status, memposting foto dan membagikan artikel gaya hidup.

Demikianlah informasi di atas mengenai Definisi Media Sosial yang telah Admin sampaikan kepada Anda, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Selamat Belajar Daring.

Posting Komentar untuk "DEFINISI MEDIA SOSIAL"