Daya Tarik Media Sosial Bagi Anak dan Remaja

Daya Tarik Media Sosial


Belajar Daring - Daya Tarik Media Sosial Bagi Anak dan Remaja adalah judul atau tema dari tulisan kali ini.

Daya Tarik Media Sosial Bagi Anak dan Remaja akan Admin bagikan informasinya kepada Anda pada kesempatan ini.

Media sosial sangat populer dan lekat dengan bagaimana cara anak-anak dan remaja menghabiskan waktu mereka berinternet karena media sosial memberikan kesempatan lain kepada mereka untuk berkomunikasi dengan teman dan anggota keluarga. 

Bentuk-bentuk komunikasi seperti chatting, berbagi informasi, memberi komentar dan sebagainya dapat dilakukan pada beberapa platform media sosial seperti Whatsapp, Instagram, LINE dan Facebook. 

Di media sosial mereka juga dapat menjalin pertemanan dengan orang yang relatif atau sama sekali belum dikenal oleh mereka di dunia nyata dengan menambah pertemanan di Facebook, menambah kontak di Whatsapp dan LINE hingga mengikuti (follow) akun Instagram dan Twitter orang lain. 

Merupakan hal yang menarik bagi mereka ketika dapat mengikuti akun Instagram artis atau figur publik serta mengamati dan bersama teman teman memperbincangkan segala sesuatu yang dilakukan oleh idola mereka.  

Anak dan remaja juga merasa bahwa media sosial dapat mempertemukan kembali diri mereka dengan teman-teman dan keluarga yang telah terpisah jarak sehingga mereka dapat saling berhubungan kembali. 

Kemudian media sosial memungkinkan mereka untuk dapat berbagi pesan, tautan video maupun foto mengenai berbagai hal yang bersifat berita maupun pengalaman/ kegiatan pribadi, yang mana misalnya hal tersebut dapat mereka lakukan di platform seperti Facebook dan Instagram. 

Selain itu mereka beranggapan bahwa media sosial memberikan wadah bagi mereka untuk bergabung dalam sebuah komunitas yang terdiri dari anggota-anggota/ orang orang yang memiliki kesamaan ketertarikan atau hobi. 

Ruang tersebut menjadi arena bagi mereka untuk berpartisipasi secara aktif maupun pasif terkait dengan berbincang dan saling bertukar pesan mengenai hal yang mereka sukai.  

Permainan maya (game online) merupakan sesuatu yang populer digunakan oleh anak dan remaja untuk memenuhi hasrat mereka dalam bermain di dunia maya.

Beberapa platform media sosial, seperti misalnya Facebook dan LINE, menyediakan ragam pilihan permainan maya yang membuat penggunanya dapat bermain sekaligus memberikan pengalaman berkompetisi dan berinteraksi dengan beberapa orang di luar sana yang juga memainkannya secara real time

Alasan lain yang menyebabkan media sosial menjadi sesuatu yang menarik bagi anak dan remaja adalah karena media sosial dapat dimanfaatkan sebagai sarana akumulasi penguatan identitas terkait dengan relasi mereka dengan teman-temannya. 

Apabila anak absen atau tidak menggunakan media sosial yang serupa dengan teman-teman, termasuk tidak melakukan apa yang teman mereka lakukan di media sosial maka mereka akan menghadapi kemungkinan ketinggalan berita atau kurang update

Kemungkinan tersebut dianggap dapat menyebabkan tereksklusinya mereka dari lingkar sosial atau (peer group).

Itulah di atas penjelasan dari judul tulisan Daya Tarik Media Sosial Bagi Anak dan Remaja yang dapat Admin bagikan kepada Anda.

Semoga informasi mengenai Daya Tarik Media Sosial Bagi Anak dan Remaja dapat bermanfaat untuk Kita semua.

Terima Kasih.

Selamat Belajar Daring.

Posting Komentar untuk "Daya Tarik Media Sosial Bagi Anak dan Remaja"