Unduh Silabus dan RPP PJOK Kelas 3 SD Semester 1 (Revisi Terbaru)

Silabus dan RPP


Belajar Daring - Unduh Silabus dan RPP PJOK Kelas 3 SD Semester 1 (Revisi Terbaru) adalah tema kali ini yang akan Admin bagikan kepada Anda semua.

Silabus dan RPP PJOK Kelas 3 SD Semester 1 (Revisi Terbaru) dapat Anda unduh diakhir postingan ini nanti.

Perangkat pembelajaran merupukan komponen yang harus disiapkan oleh tenaga pendidik atau guru sebelum melaksanakan pembelajaran.

Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar.

Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.

Menurut Trianto (2012: 96) “perangkat pembelajaran merupakan perangkat yang digunakan dalam proses pembelajaran”.

Sedangkan menurut Daryanto dan Aris (2014: 1) “perangkat pembelajaran adalah salah satu wujud persiapan yang dilakukan oleh seorang guru sebelum mereka melakukan proses pembelajaran”.

Peraturan pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan Pasal 20, “perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”.

Berdasarkan pada landasan hukum tersebut, pengembangan perangkat pembelajaran yang diperlukan dalam proses belajar mengajar dapat berupa: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan lembar kerja peserat didik (LKPD).

Berikutnya, menurut Daryanto dan Aris (2014: 6)” Silabus disusun berdasarkan Standar Isi, yang didalamnya berisikan Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi (KD), Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Materi Pokok, Kegiatan Pembelajaran, Alokasi Waktu, Sumber Belajar, dan Penilaian”.

Silabus Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menjelaskan bahwa silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.

Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menegah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu.

RPP Menurut Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, bahwa tahap pertama dalam pembelajaran menurut standar proses yaitu perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas.

RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.

Instrumen Penilaian Penilaian bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik. 

Dalam Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran dijelaskan bahwa penilaian dalam setiap mata pelajaran meliputi kompetnsi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap.

Perlu diketahui bahwa Admin hanya akan membagikan perangkat pembelajaran mengenai Silabus dan RPP saja.

Berikut di bawah ini adalah beberapa file dari Silabus dan RPP 1 Lembar PAI & BP Kelas 3 SD Semester 2 (Revisi Terbaru) yang dapat Anda unduh:

Silabus PJOK Kelas 3 SD Semester 1

Untuk Silabus Mata Pelajaran PJOK Kelas 3 Jenjang SD Semester 1/ Ganjil dapat Anda unduh pada tab unduhan di bawah ini: 

  

Silabus PJOK Kelas 3 Semester 1


RPP PJOK Kelas 3 SD Semester 1 (Revisi Terbaru)

RPP PJOK Kelas 3 SD Semester 1 (Revisi) ini terdiri dari 4 materi pembelajaran dalam bentuk file-file berformat Word.

Adapun file-file RPP PJOK Kelas 3 SD Semester 1 (Revisi) dapat Anda unduh pada tab unduhan di bawah ini:


RPP Materi 1 RPP Materi 2 RPP Materi 3 RPP Materi 4


Demikianlah informasi mengenai Unduh Silabus dan RPP PJOK Kelas 3 SD Semester 1 (Revisi Terbaru) yang dapat Admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Selamat Belajar Daring.

Posting Komentar untuk "Unduh Silabus dan RPP PJOK Kelas 3 SD Semester 1 (Revisi Terbaru)"