4 Manfaat Belajar Daring

Manfaat Belajar Daring


Belajar Daring - Manfaat belajar daring atau dalam jaringan antara lain belajar dilakukan di mana saja dan kapan saja, belajar juga dapat disesuaikan dengan kapasitas masing-masing siswa/ peserta didik. 

Belajar daring ini juga mengedepankan inisiatif dan independensi siswa atau peserta didik.

Belajar daring atau dalam jaringan ini interaksi akademik antara siswa dan guru tidak terbatas, bisa dilakukan selama 24 jam, sehingga ini bisa meningkatkan kualitas belajar siswa. 

Guru bisa melihat postingan siswa dan memberikan feedback tugas dari siswa. Sehingga interaksi bisa dilakukan secara luas. Maka keterlibatan siswa dalam pembelajaran itu semakin intensif. 

Belajar daring atau dalam jaringan memang tidak sepenuhnya memecahkan masalah dalam pembelajaran. 

Namun setidaknya melalui proses pembelajaran daring ini banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh. 

Jika guru memiliki kemampuan lebih dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran daring, akan banyak manfaat yang akan diperoleh.

Dalam keadaan pandemi Covid-19 tentu saja kita tidak boleh saling bersentuhan dengan orang lain termasuk antara guru dengan siswa, begitupun saat melakukan proses pembelajaran, daring seperti platform: Google Classroom, Google Meet, Zoom, WhatsApp Group dan Edmodo

Menurut Meidawati, dkk (dalam Pohan, 2020) mengemukakan bahwa manfaat pembelajaran daring adalah: 

  • Dapat membangun komunikasi dan diskusi yang sangat efisien antara guru dengan murid, 
  • Siswa saling berinteraksi dan berdiskusi antara siswa yang satu dengan yang lainnya tanpa melalui guru, 
  • Dapat memudahkan interaksi antara siswa guru, dengan orang tua, 
  • Sarana yang tepat untuk ujian maupun kuis, 
  • Guru dengan mudah memberikan materi kepada siswa berupa gambar dan vidio selain itu murid juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut, 
  • Dapat memudahkan guru membuat soal dimana saja dan kapan saja tanpa batas waktu.

Berikutnya, manfaat belajar daring menurut Bates & Wulf (dalam Aminullah, 2021) terdiri atas 4 (empat) hal, yaitu sebagai berikut: 

  • Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur (enhance interactivity), 
  • Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility), 
  • Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience), 
  • Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities).

Sedangkan menurut Ghirardini (dalam Pohan, 2020) manfaat pembelajaran daring “memberikan metode pembelajaran daring yang efektif, seperti berlatih dengan adanya umpan balik terkait, menggabungkan kolaborasi kegiatan dengan belajar mandiri, personalisasi pembelajaran berdasarkan kebutuhan siswa yang menggunakan simulasi dan permainan”.

Berdasarkan pendapat di atas Admin dapat menyimpulkan bahwa proses belajar sangat bermanfaat serta efisien untuk melakukan pembelajaran dan memudahkan interaksi antara guru dengan peserta didik menggunakan platform yang digunakan di sekolah.

Berikut di bawah ini adalah 4 (empat) manfaat lainnya secara umum dari belajar daring:

Menciptakan Komunitas

Pendidikan dengan konsep belajar daring mengambil berbagai bentuk atau format dalam prosesnya. 

Sebagian siswa atau pesertaa didik ada juga yang ambil bagian dalam program yang bertemu daring setiap minggu pada jam tertentu, sementara kebanyakan kursus dan pembicaraan dilakukan melalui diskusi papan posting daring, respons dan jawaban secara terus-menerus, dan berbagai projek atau tugas tertulis.

Hal yang paling mengejutkan bagi adalah bagaimana kelompok-kelompok ini menjadi sebuah komunitas. 

Setelah satu tahun belajar dengan teman-teman sekelas daring, para siswa ada yang belum bertemu muka sama sekali. 

Secara geografis, para peserta didik tersebar di seluruh negeri, wilayah, atau daerah tertentu. 

Namun, dari apa yang sudah dialami dan amati dari posting diskusi, kita semua bisa melihat bahwa para peserta didik tahu cukup banyak tentang satu sama lain, termasuk situasi-situasi kehidupan, tujuan karier dan mimpi-mimpi, vokasi profesional pribadi dan personal saat ini, pengalaman dan peristiwa-peristiwa masa lampau yang membentuk siapa diri mereka saat ini, dan hal-hal yang kami yakini, hargai, dan sayangi. 

Meski masih memilih pembicaraan dan konteks pembelajaran tatap muka, kesempatan yang dimiliki untuk memperkuat komunitas dan koneksi melalui cara daring ini sangat bagus dan bermanfaat.

Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi

Meski sebagian para peserta didik/ siswa masih banyak yang belum menguasai kemampuan komunikasi ini, belajar daring telah memberikan jalan untuk mengasah kemampuan siswa dalam menulis, baik secara akademis dan percakapan. 

Ketika bercakap-cakap melalui posting diskusi, konteks memang membutuhkan nada yang formal dan akademis. 

Namun, ada rasa keingintahuan dan keramahtamahan yang cenderung masuk, seolah-olah para siswa sedang bertukar pikiran dalam ruang kelas. 

Hal ini seperti terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, ketika kita sedang dalam percakapan di Facebook, Twitter, atau rentetan komentar di blog atau website.

Geografis Bukanlah Kendala

Berbicara tentang para pengajar, batasan geografis tidak lagi menjadi masalah yang sangat berarti.

Para siswa atau peserta didik sudah mendapat kesempatan untuk belajar dari pribadi-pribadi yang ahli, baik dalam konten maupun praktis, dan yang saat ini melayani dalam bidang-bidang yang mereka geluti, entah di wilayah bagian lain yang dekat maupun yang jauhnya ribuan kilometer.

Aplikasi Belajar Daring

Siswa/ peserta didik akan banyak melihat banyak sekali kemungkinan untuk menerapkan prinsip-prinsip ini dalam komunikasi dan usaha membangun komunitas.

Meski ada kekurangan dalam belajar daring, pembelajaran online sejatinya memberikan manfaat yang banyak. 

Pembelajaran di kelas dalam kondisi saat ini tidak dimungkinkan. Kita bisa mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.

Teknologi memiliki peran penting dalam pembelajaran daring, dengan hadirnya teknologi ini  maka potensi guru akan semakin diperkuat.

Mengenai aplikasi praktis atau media untuk belajar daring akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Demikianlah artikel mengenai 4 Manfaat Belajar Daring, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Terima Kasih.

Selamat Belajar Daring.

Posting Komentar untuk "4 Manfaat Belajar Daring"