Aktivitas Anak dan Remaja di Media Sosial

Media Sosial


Belajar Daring - Aktivitas Anak Dan Remaja di Media Sosial merupakan judul atau tema dari tulisan ini.

Aktivitas Anak Dan Remaja di Media Sosial adalah informasi yang akan Admin bagikan kepada Anda semua.

Untuk itu, silahkan Anda simak ya penjelasan dari Aktivitas Anak Dan Remaja di Media Sosial di bawah ini.

Anak dan remaja menggunakan media sosial untuk pemenuhan hasrat mereka dalam  mencari hiburan. 

Beberapa jenis hiburan yang dapat mereka temukan di media sosial diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Musik dalam bentuk audio maupun video di YouTube sesuai dengan selera atau tren; 
  • Menonton film yang disukai; 
  • Memainkan game online melalui platform Facebook maupun LINE; 
  • Hingga mencari memes yang menurut mereka menarik di Facebook, Twitter hingga Instagram. 

Media sosial dimanfaatkan pula sebagai ruang untuk berbagi informasi-informasi pribadi baik berupa foto maupun video seperti yang dapat mereka lakukan di Facebook, Instagram dan Path. 

Platform tersebut memiliki fitur yang mendukung penggunanya berbagi pelbagai informasi audio-visual apapun mengenai tindakan yang dilakukan oleh pemilik akun. 

Selain itu mereka dapat mencari beragam informasi aktual terkini baik yang bersifat formal dan informal seperti berita, gosip, tips, termasuk hiburan. 

Hal ini juga berkaitan dengan media sosial yang memiliki fungsi seperti portal berita, siaran televisi dan pemutaran video singkat. 

Bagi para siswa sebagai pelaku dalam institusi pendidikan, media sosial menyediakan ruang untuk memperoleh solusi/ bantuan dalam mengerjakan tugas sekolah, membaca dan belajar saat menghadapi ujian sekolah. 

Terkait kegiatan membaca di media sosial, selain membaca sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan sekolah juga termasuk membaca sesuatu yang bersifat non-akademis seperti hobi, berita, gosip, komunitas dan sebagainya.

Dalam hal ini mereka biasanya berbagi informasi melalui aplikasi instant messenger seperti Whatsapp, LINE dan BBM. 

Sementara kegiatan membaca dapat dilakukan pada platform media sosial seperti Facebook, Instagram termasuk pula LINE. 

Anak dan remaja merupakan kelompok masyarakat dengan usia yang sedang memasuki fase penting terkait upaya aktualisasi diri dalam era digital saat ini.

Salah satu tindakan yang menunjukkan hal tersebut yaitu berbagi status mengenai apa yang sedang mereka lakukan dan rasakan di berbagai platform media sosial yang mereka gunakan. 

Berbagi status terkait pula dengan fakta bahwa mereka juga terhubung dengan teman-teman mereka sehingga segala sesuatu yang dibagikan berpotensi diterima dan dicerna serta dikomentari. 

Salah satu tindakan yang paling lekat dalam keseharian anak dan remaja di media sosial adalah chatting atau bercakap-cakap dengan orang lain sesama pengguna aplikasi (instant messenger). 

Pengguna lain ini dapat mencakup teman, keluarga hingga orang yang relatif belum dikenal sama sekali. 

Platform yang populer digunakan diantaranya Whatsapp, LINE dan BBM. 

Stalking atau menguntit juga menjadi tindakan favorit anak dan remaja dalam aktivitas bermedia sosial. 

Sosok yang menjadi sasaran stalking beragam dari mengikuti akun atau mencari informasi (foto, video, status) mengenai figur publik/ idola, keluarga, teman atau siapapun yang menurut mereka penting untuk diketahui melalui platform-platform seperti Facebook, Instagram, Path, Twitter dan sebagainya. 

Dengan pertimbangan efisiensi jarak, waktu, tenaga dan kepraktisan pembayaran, berbelanja di dunia maya (online shopping) menjadi salah satu pilihan bagi anak dan remaja yang ingin membeli berbagai jenis produk atau barang dan jasa melalui internet khususnya media sosial seperti Facebook, Instagram hingga Twitter.  

Mengisi waktu kosong dengan bermedia sosial merupakan tindakan yang relatif belum dapat didefinisikan secara jelas karena ragam tindakan itu bisa saja termasuk hal-hal lain yang belum terpapar di atas, termasuk melakukan aktivitas media sosial tanpa kendali, lupa waktu, terlibat percakapan yang berisiko mengarah kepada penipuan/ kriminal dan mengakses konten tidak ramah anak.

Waktu kosong yang diisi dengan bermedia sosial semata tanpa kontrol yang memadai dari orang tua atau wali berpotensi menyebabkan anak dan remaja mengalami kecanduan media sosial.

Demikianlah informasi di atas mengenai Aktivitas Anak dan Remaja di Media Sosial yang telah Admin paparkan dan jelaskan, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Selamat Belajar Daring.

Posting Komentar untuk "Aktivitas Anak dan Remaja di Media Sosial"